Ini Empat Strategi Bisnis Matahari Putra Prima

PT Matahari Putra Prima, Tbk (MPPA)‎ menerima sertifikat halal secara simbolis dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal ‎(BPJPH) di Hypermart Cibubur Junction‎ pada Rabu, 27 Juli 2022



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) menargetkan sudah mulai bisa membukukan laba pada tahun depan. Sejalan dengan hal tersebut, perseron saat ini juga tengah menjalankan empat strategi utama.

Direktur Corporate Secretary and Public Affairs PT Matahari Putra Prima Tbk Danny Kojongian memaparkan, strategi pertama adalah menyajikan produk-produk fresh terbaik sebagai fokus prioritas utama pada ritel konsumen. Dalam hal ini, perseroan akan memperkuat fokus memberikan produk segar kepada pelanggan sebagai dasar strategi bisnisnya, meningkatkan mekanisme rantai pasokan dengan bekerja secara langsung dengan para petani lokal, distributor perikanan, unggas dan daging untuk distribusi produk-produk fresh yang lebih cepat dan segar ke semua gerai.

“Untuk mendorong penjualan produk-produk fresh yang berkualitas kepada para pelanggan, di tahun 2021 MPPA telah memperoleh sertifikat sistem manajemen keamanan pangan olahan (SMKPO) dari BPOM Indonesia dan terus mempertahankan ISO 22000:2018 mengenai sistem manajemen keamanan pangan, dan ISO 9001:2015 mengenai sistem manajemen mutu. Di tahun 2022 MPPA adalah peritel pertama yang menerima sertifikat halal dari BPJPH secara nasional untuk semua lini bisnis,” ungkap Danny Kojongian dalam acara paparan publik tahunan MPPA secara daring, Jumat (26/8/2022).

Strategi kedua, meningkatkan peran omni-channel dan pembayaran digital. Peran Omni-channel meningkat di 2021 sebagai bagian penting dari strategi ritel yang berfokus pada konsumen secara keseluruhan dan keberlanjutan. Pada 2021, tercatat pencapaian penting atas keberhasilan transformasi bisnis online sebagai bagian dari strategi omni-channel dengan lebih banyak ekspansi dan perluasan kolaborasi dengan marketplace terkemuka di Indonesia, serta memperluas penggunaan pembayaran e-wallet melalui kemitraan terbaru. Ketiga, operasional dan perluasan jaringan melalui gerai berlokasi mandiri dan gerai berukuran lebih kecil yang hemat biaya. Konsep ini ditargetkan untuk dibuka di wilayah perkotaan untuk melayani pembelian sayur-sayuran, buah-buahan, daging dan unggas, dan untuk mendukung layanan pengiriman dan pengambilan ekspres perseroan. Perluasan lebih lanjut dari konsep Hyfresh yang berukuran lebih kecil (selling area berkisar 400-600 m2) di lokasi-lokasi mandiri akan menjadi ukuran gerai yang optimal untuk menjual produk-produk segar.

Keempat, membangun manajemen ritel yang berkelanjutan. Caranya, melalui perluasan jaringan logistik melalui sentra distribusi yang diperbaharui di Porong, Jawa Timur dan sentra distribusi keempat yang baru di Timika, Papua akan mengoptimalkan rantai pasokan MPPA. Lalu mengembangkan tenaga kerja yang berkelanjutan dan berpengetahuan luas melalui investasi pada serangkaian pelatihan dan pengembangan, mendorong pelanggan untuk mengurangi penggunaan tas belanja dari plastik dan menggantikannya dengan tas belanja pakai ulang.

“Fokus perseroan untuk terus mengembangkan dan memperluas bisnis online dengan tujuan untuk mendukung jam operasional toko yang lebih fleksibel, pendekatan ke pembayaran digital, serta kenyamanan belanja para pelanggan dari tempatnya masing-masing untuk mengurangi jejak karbon,” kata Danny.

MPPA sendiri hingga saat ini mengoperasikan 199 gerai, terdiri dari 102 gerai Hypermart, 12 gerai Foodmart Supermarket, 11 Hyfresh Supermarket, delapan gerai Foodmart Primo, 54 gerai Boston, dan 12 gerai FMX. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Ini Empat Strategi Bisnis Matahari Putra Prima. Please share...!

Back To Top