Listing di BEI, Begini Strategi Klinku Tingkatkan Penjualan

PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN), perusahaan produk kebersihan resmi melantai (listing) di Bursa Efek Indonesia



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Resmi melantai (listing) di Bursa Efek Indonesia, PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN), perusahaan produk kebersihan menggenjot penjualan dengan ekspansi pabrik baru beserta perlengkapanya dan meningkatkan pemasaran segmen online.

Direktur Utama Klinko Karya Imaji Anggun Satriya Supanji menjelaskan, dana IPO akan digunakan untuk memperbesar kapasitas produksi hingga dua kali lipat. "Dengan perincian sekitar 40% untuk kebutuhan pembangunan kantor pusat, area produksi & gudang bahan baku, dan fasilitas umum melalui pihak terafiliasi," kata, Selasa (9/8/22).

Kemudian, sekitar 38,75% untuk kebutuhan belanja modal yaitu penambahan mesin-mesin produksi guna meningkatkan kualitas produk dan kapasitas serta pembelian aset berupa mobil boks, mobil operasional dan peralatan kantor. Terakhir sekitar 21,25% untuk modal kerja dalam rangka pembelian bahan baku berupa benang dan persediaan aksesoris untuk menunjang produk. Selain itu, pembiayaan aktivitas pemasaran produk. “Dengan peningkatan produksi ini, kami akan memperluas jaringan distribusi baik pada pasar lokal maupun ekspor dan memperbanyak channel penjualan modern, traditional trade dan business to business (B2B) dengan menjaga kemitraan para perusahaan cleaning services,” jelasnya.

Untuk negara ekspor, saat ini produk dari perseroan sudah tersebar di Asia, Afrika, Eropa dan Amerika. Ke depan, perseroan berencana menambah negara tujuan ekspor dengan menggunakan skema private label. “Skema private label akan menjadi solusi cukup bagus, karena pada negara-negara maju memproduksi barang seperti ini membutuhkan cost tinggi. Opsi ini sangat praktis dan solutif bagi mereka. Jadi mereka tinggal mendistribusikan ke masing-masing market,” ujarnya.

Selain itu, produk-produk perseroan juga akan lebih diminati pelanggan luar negeri lantaran menggunakan bahan ramah lingkungan sejalan tingkat kesadaran go green lebih tinggi pada negara-negara tersebut. Dengan demikian kesempatan perseroan untuk memperluas pasar ekspor lebih luas. Sebagai informasi, Klinko mempunyai beberapa lini produk kebersihan, pertama yaitu floor mat yang menjadi salah satu produk unggulan. Perseroan mengklaim sejauh ini belum ada brand lokal yang berfokus pada produk jenis ini. “Keahlian dalam mengolah limbah tekstil ini tidak umum. Kami menjadi yang satu-satunya dan pertama di Indonesia yang memulai, riset dan produksi untuk menghasilkan limbah tekstil menjadi produk kebersihan dengan kualitas yang mampu dipertanggungjawabkan,” kata dia.

Sebagai informasi, hampir 80% bahan baku produk kebersihan Klinko berasal dari benang daur ulang yang diolah dari sisa kain-kain perca atau limbah tekstil. Limbah yang diolah dapat mencapai 120 ton per bulan. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Listing di BEI, Begini Strategi Klinku Tingkatkan Penjualan. Please share...!

Back To Top