Melesat 973%, Pendapatan Global Sukses Solusi Tembus Rp 8,8 Miliar

Emiten teknologi informasi PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia, Rabu 8 September 2021



YOGYAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 8,82 miliar pada semester pertama tahun 2022, melonjak 973% dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 821,95 juta. Demikian disampaikan perseroan dalam keterangan resminya, hari ini, Rabu (10/8/2022).

Seiring kenaikan pendapatan, beban pokok juga mengalami peningkatan menjadi Rp 194,58 dari sebelumnya hanya Rp 8,29 juta. Porsi beban pokok ini meningkat menjadi sekitar 2% terhadap pendapatan pada semester pertama tahun ini. Sementara porsi di periode yang sama tahun sebelumnya sekitar 1%. Sehingga, sampai paruh pertama tahun 2022 ini, RUNS membukukan laba kotor Rp 8,63 miliar, meroket 961% dari sebelumnya sebesar Rp 813,65 juta.

Performa positif ini tentunya ditunjang dengan berbagai langkah strategis yang dilakukan Perseroan, di antaranya adanya inovasi produk dan layanan serta aksi korporasi yang dilakukan Perseroan guna memperkuat dan memperluas penetrasi pasar. Saat ini, selain layanan ERP RUN System yang ditujukan untuk perusahaan skala besar, RUNS juga telah meluncurkan beberapa solusi lainnya untuk menggarap pasar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti iKAS, R1 dan RUN Market.

iKAS, yang merupakan salah satu solusi unggulan RUNS yang menyasar pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hingga saat ini sukses mencatat kenaikan angka pengguna sebesar 33 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, atau hampir mencapai 10.000 pengguna. Kenaikan tersebut tentunya memiliki peluang yang besar untuk terus bertambah, di mana dari data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 99,99% dari total usaha di Indonesia.

Sementara, aksi korporasi yang belum lama ini dilakukan, yaitu mengakuisisi PT Solusi Kampus Indonesia (SKI), adalah salah satu langkah strategis lain yang dilakukan perseroan untuk ekspansi bisnis ke sektor pendidikan, khususnya perguruan tinggi.

Data terakhir yang dikutip dari laman PDDikti-Kemendikbud, di Indonesia terdapat lebih dari 4.000 Perguruan Tinggi dengan total mahasiswa di atas 9 juta. Sementara, angka pengguna SKI baru mencapai 280 Perguruan Tinggi dengan total lebih dari 500.000 mahasiswa. Data tersebut menunjukan pasar yang dapat digarap di sektor ini masih sangat terbuka lebar.

Pencapaian pada semester I – 2022 yang signifikan ini merupakan bukti komitmen untuk menjaga kepercayaan publik dengan terus mengembangkan inovasi guna memperluas market di berbagai sektor dan kelas bisnis agar dapat menghadapi tantangan di era digital ini.

Didukung komitmen dan eksekusi dari berbagai inisiatif strategis, RUNS senantiasa mempertahankan posisinya di tengah kondisi makro yang penuh tantangan saat ini. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Melesat 973%, Pendapatan Global Sukses Solusi Tembus Rp 8,8 Miliar. Please share...!

Back To Top