Peruri Kolaborasi dengan IPI Dukung Digitalisasi Lewat E-KTA

Direktur Peruri Smart Card, Junaedi (kanan) menyerahkan mockeup e-KTA Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) kepada Ketua Umum IPI, Prispolly Lengkong (kiri)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Cardsindo Tiga Perkasa (Peruri Smart Card), anak usaha Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) bekerja sama sama dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) dan Bank BNI menggelar acara peluncuran kartu tanda anggota elektronik (e-KTA) Ikatan Pemulung Indonesia (IPI).

Direktur PT Peruri Smart Card, Junaedi mengatakan, kerja sama ini membantu pemulung agar bisa memiliki kartu anggota yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti pembayaran digital dan akses pelayanan kesehatan. “Kami fasilitasi bagi mereka yang belum punya KTA, benefit bisa mendapatkan kemudahan-kemudahan seperti fasilitas BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dan bisa menjual langsung ke pengurus dengan harga bagus,” ujar Junaedi saat launching di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Dia menuturkan, pada tahun pertama Peruri Smart Card memproyeksikan akan mencetak 300.000 KTA untuk anggota IPI yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini IPI tengah membenahi keanggotaanya yang belum punya KTP. “Ini nanti berlaku di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Junaedi mengatakan keberadaan BNI merupakan upaya sinergi antar-BUMN sekaligus mengembangkan pangsa pasar masing-masing. “Peruri bergerak di bidang security printing maupun digital. Saat ini kita mengembangkan bisnis digital, kita bekerja sama dengan BNI, kita bantu penjualan ritel kartu tap cash tersebut, sementara untuk Peruri, secara produksi kartu ini dilakukan di Peruri, jadi sama-sama menguntungkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Junaedi mengungkapkan, sebelumnya kerja sama serupa juga telah dilakukan dengan komunitas maupun kelompok hobi atau sosial lainnya. Peruri belum lama ini terjun langsung di pasar tradisonal untuk memperkenalkan paymnet cashless. “Selain dengan IPI, kita kerja sama dengan komunitas ke Sikka, NTT, kita masuk ke Pasar Alok Maumere untuk memfasiltasi paymnet cashless menggunakan tap cash BNI,” pungkasnya.

Semetara Ketua Umum Ikatan Pemulung Indonesia Prispolly Lengkong mengapresisiasi dukungan Peruri dan BNI. Menurutnya tujuan keberadaan IPI untuk mensejahterakan para pemulung indonesia. “Tanpa dukungan ini, e-KTA IPI tidak akan terwujud,” ujarnya.

Prispoly berharap, kartu e-KTA akan bermanfaat bagi anggota IPI di seluruh Indonesia. “Dalam e KTA ini ada barcode yang di dalamnya terdapat data anggota dari KTP, keanggotaan IPI, BPJS Kesehatan, dan BPJS KetenagaKerjaan, ini sangat membantu para pemulung untuk lebih hidup sejahtera,” pungkasnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Peruri Kolaborasi dengan IPI Dukung Digitalisasi Lewat E-KTA. Please share...!

Back To Top