Strategi Campina Tetap Relevan di Usia Setengah Abad

Campina terus melakukan berbagai inovasi untuk tetap relevan dengan zaman. Salah satu inovasi yang dilakukan sekaligus merayakan hari jadinya yang ke Lima Puluh adalah dengan meluncurkan produk terbaru serta memperkenalkan Tiara Andini sebagai New Brand Ambassador Campina



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Berdiri sejak tahun 1972, Campina terus melakukan berbagai inovasi untuk tetap relevan dengan zaman. Salah satu inovasi yang dilakukan sekaligus merayakan hari jadinya yang ke Lima Puluh adalah dengan meluncurkan produk terbaru serta memperkenalkan Tiara Andini sebagai New Brand Ambassador Campina.

Di umurnya yang menginjak setengah abad, jenama es krim yang didirikan oleh Darmo Hadipranoto tersebut konsisten menggunakan bahan baku berkualitas, serta menjaga higienitas produk pada saat proses produksi. “Campina sudah menemani keluarga Indonesia dari generasi ke generasi dengan segala kebaikan dan value yang sama,” kata Sales dan Marekting Director Campina Adji Andjono pada konferensi pers Ulang Tahun Campina yang ke-50 (19/7/2022).

Berawal dari industri rumahan, kini Campina telah menjangkau seluruh wilayah Indonesia dan sukses menguasai 18%-19% pangsa pasar es krim tanah air. Kesuksesan tersebut, kata Adji, dikarenakan komitmen perusahaan dalam menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik dengan susu dan gula asli, serta diproduksi dengan standar internasional. “Saat ini, kami telah memiliki jaminan BPOM serta label halal. Di sisi lain, produk kami juga diproduksi oleh pabrik yang ramah lingkungan,” kata dia.

Kunci keberhasilan lain adalah dengan mengikuti tren anak-anak muda kiwari. Salah satu bentuknya adalah dengan meluncurkan produk terbarunya yakni Concerto Midi Tiramisu yang menyasar segmen anak muda. Selain itu, Campina juga meluncurkan es krim Lu Ve dengan menggunakan bahan dasar susu almond. Produk ini dikhususkan untuk masyarakat yang alergi terhadap laktosa dan kaum vegetarian.

Sebelumnya, Campina telah terlebih dahulu meluncurkan es krim dengan bahan dasar susu soya. Namun, karena adanya perpindahan selera masyarakat yang mulai banyak mengkonsumsi susu almond, Campina mengubah produknya menjadi berbahan dasar susu almond. “Kami konsisten untuk meluncurkan produk baru. Selama setahun, bisanya kami meluncurkan 5-6 produk terbaru dan menghentikan produk lama,” ujar Adji sambil membocorkan kemungkinan diluncurkannya es krim berbahan dasar rice milk sebagai inovasi teranyarnya.

Penunjukan Tiara Andini sebagai Brand Ambasador Campina juga merupakan salah satu strategi perusahaan untuk menggarap pasar anak muda. Nantinya, Tiara akan membintangi iklan dan menyanyikan jingle Campina dengan suasana yang berbeda. Penyanyi muda asal Jember, Jawa Timur, berusia 20 tahun ini dipilih lantaran memiliki nilai dan semangat yang sama dengan Campina. “Tiara memiliki talenta luar biasa dalam mencetak prestasi sekaligus menebarkan kebaikan. Kami berharap penunjukan Tiara sebagai Brand Ambasador Campina dapat menginspirasi dan semangat gen Z untuk berprestasi dan tak ragu mengejar mimpi.”

Tiara mengaku bangga bisa terpilih menjadi Brand Ambassador Campina. Dia mengatakan sejak kecil memang sudah mengenal es krim Campina. "Banyak pilihan rasa yang enak-enak beda sama yang lain.  Menurut aku makan es krim bisa mengangkat mood dan bikin ceria, apalagi belakangan aku banyak aktifitas yang padat, jadi semangat pokoknya," ucap Tiara.

Tidak berhenti pada inovasi produk saja, Campina juga akan memaksimalkan komunikasi kepada anak muda melalui berbagai media dan platform. Selain itu, Campina juga akan mengoptimalkan pelayanan kanal online, mengoptimalkan pengiriman produk sehingga lebih cepat sampai ke tangan konsumen, dan tetap menjaga kualitas dan higienitas produk. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Strategi Campina Tetap Relevan di Usia Setengah Abad. Please share...!

Back To Top