Bank Raya Fokus Salurkan Kredit untuk Pekerja Informal

Public Expose Live 2022 PT Bank Raya Indonesia Tbk (ARGO), 14 September 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Bank Raya Indonesia Tbk (ARGO) mencatat penyaluran kredit mencapai Rp 1,5 triliun bagi segmen pekerja informal hingga medio September 2022. Di samping itu, perseroan turut menargetkan bisa menangkap setidaknya 10% pekerja informal sebagai nasabah di tahun 2024-2025.

Direktur Utama Bank Raya Kaspar Situmorang menyampaikan, perusahaan yang fokus menyasar segmen pekerja informal terus berupaya untuk membantu mereka dari sisi aset dan pinjaman. Hal tersebut memungkinkan dilakukan dengan sejumlah pendekatan yang telah diramu Bank Raya. "Sampai September misalnya, kita sudah menyalurkan Rp 1,5 triliun kepada para pekerja informal tadi, dengan dukungan BRI Group. Bagaimana kita bisa menyalurkan kredit Rp 1,5 triliun dengan kualitas kredit (NPL) hanya 0,05% dan juga bisa amplifikasi 6-7 bulan terakhir," ujar Kaspar dalam Public Expose Live 2022 PT Bank Raya Indonesia Tbk (ARGO), Rabu (14/9/2022).

Perusahaan juga terus berupaya memberikan akses dan fitur yang sesuai untuk menambah para pengguna layanan tabungan. Berbagai program disediakan, mulai dari tidak dikenakan biaya administrasi di layanan tabungan hingga transaksi lainnya. "Ini yang kita terus berikan kepada teman-teman pekerja informal, mereka yang bekerja tanpa slip gaji," imbuh dia.

Di sisi lain, Kaspar menuturkan bahwa saat ini perusahaan dalam jalur yang tepat menuju profitabilitas yang lebih baik. Ada dua strategi yang bisa mendukung aspirasi tersebut. Pertama, ekspansi melalui akses kepada ekosistem seperti melalui agen-agen BRIlink milik BRI dan penyaluran kredit digital melalui fintech partner untuk pertumbuhan bisnis digital. Kedua, strategi perbaikan kinerja bisnis legacy perseroan yang fokus pada recovery write off. Selain itu, perbaikan kinerja perseroan juga secara khusus ditujukan untuk pencapaian kegiatan operasional yang lebih efisien dan serta inovasi produk yang mendorong kepuasan pelanggan yang akan terus kami tingkatkan secara konsisten.

"Sesuai dengan komitmen perusahaan, pada kuartal I 2022 lalu sudah berhasil membukukan profit sebesar Rp 48 miliar. Sampai akhir tahun akan kita jaga terus komitmen ini untuk memberikan yang terbaik kepada pemegang saham," imbuh dia.

Berdasarkan laporan Bank Raya, laba tahun berjalan pada kuartal I 2022 mencapai Rp 47,71 miliar atau naik 167,03% year on year (yoy). Beberapa indikator lainnya yang mengalami peningkatan secara pesat adalah perbaikan margin bunga bersih (net interest margin/NIM) menjadi sebesar 4,81% dari periode sebelumnya 3,39% dan pendapatan operasional lainnya yang meningkat sebesar 558,02% (yoy). (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Bank Raya Fokus Salurkan Kredit untuk Pekerja Informal. Please share...!

Back To Top