BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Promotor Murtila Promosindo menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Membaca Arah Riset dan Inovasi di Era Digital" menjelang gelaran pameran riset dan inovasi Indonesia Research and Innovation Expo (InaRIE) 2022 akan digelar pada 27-30 Oktober 2022, di Gedung Innovation Convention Center, Kawasan Sains dan Teknologi-Cibinong


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) akan menggelar pameran Indonesia Research and Innovation Expo (InaRIE ) 2022, pada 27-30 Oktober mendatang di Gedung ICC Cibinong, Bogor.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, mengatakan, InaRIE merupakan momentum bagi BRIN untuk menunjukkan kepada masyarakat dan memberikan inspirasi, khususnya kepada para generasi muda. InaRIE bertujuan menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia. "Melalui InaRIE, kami ingin agar generasi muda dapat menjadi lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi agar menghasilkan berbagai invensi dan inovasi sebagai solusi permasalahan bangsa,” kata Laksana Tri Handoko, Sabtu (24/9/2022).

Handoko menambahkan, pameran InaRIE merupakan event tahunan yang pelaksanaannya akan didukung sepenuhnya oleh BRIN. "InaRIE sebagai ruang ekspresi dan apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor seluruh Indonesia, khususnya yang telah berhasil memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara Indonesia,” tambahnya.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, R Hendrian menekankan, perhelatan ini akan memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada para pengunjung, pelaku riset, pegiat teknologi, innovator, media massa, dan tentu saja masyarakat Indonesia pada umumnya. "Lebih jauh lagi, InaRIE 2022 ingin berperan sebagai katalis yang tidak hanya mempromosikan, namun merajut kerja sama mutualisme bagi semua institusi pendidikan, Industri,” bebernya.

Hendrian mengatakan, dalam InaRIE, bukan hanya periset BRIN saja yang akan menampilkan teknologi tapi juga UMKM binaan. "Karena ini adalah bagian dari kegiatan internasional, maka kita juga menggandeng UMKM dari luar negeri, khususnya Asia,” tandasnya.

Hal itu, lanjut Hendrian, dibuktikan dengan keikutsertaan startup dari negara ASEAN, termasuk indonesia dalam ASEAN-India Startup Festival yang akan digelar sebagai rangkaian InaRIE.

Ketua Promotor InaRIE, Irwan Rahman, mengatakan, InaRIE yang mengangkat tema "Digital, Blue, Green Economy" juga secara khusus mendukung Presidensi G-20 Indonesia. "Secara khusus, InaRIE akan menampilkan konten terkait G-20 dan memberikan ruang dan apresiasi kepada perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD untuk turut berkontribusi," pungkasnya.

Sebagai informasi, exhibitor baik dari dalam dan luar negeri seperti India, Afrika Selatan, dan Perancis akan turut berpartisipasi pada InaRI Expo 2022. Selain terkait pameran riset dan inovasi, sejumlah kegiatan pendukung juga akan menjadi daya tarik khusus, di antaranya business gathering, seminar, talkshow, klinik konsultasi, workshop, demo produk, dan kunjungan laboratorium BRIN. Kompetisi ilmiah remaja dan Halal Tech Forum mendukung InaRIE menjadi wahana untuk mendekatkan riset dan inovasi yang menarik bagi berbagai kalangan. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset. Please share...!

Back To Top