Perum PFN Hadirkan Film The Journey

Perum Produksi Film Negara menghadirkan film The Journey yang merupakan kolaborasi antara Manga Productions, Kerajaan Arab Saudi dengan Toei Animation, Jepang



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perum Produksi Film Negara (PFN) akhirnya resmi menghadirkan kisah Aws yang merupakan seorang pembuat tembikar yang terjebak pertempuran epik di Semenanjung Arab 1.500 tahun lalu, saat dirinya menelusuri Makkah, Arab Saudi dalam Film The Journey.

Film The Journey inimerupakan film animasi kolaborasi internasional antara Manga Productions di Kerajaan Arab Saudi, yang bekerja sama dengan Toei Animation Jepang. Hal itu diungkapkan Executive Producer Manga Productions, Dr Essam Bukhary, Senin, (5/9/2022). "Kami bangga meluncurkan film The Journey karena mencerminkan standar tinggi para profesional berbakat dan berpengalaman dari Jepang dan Arab Saudi. Ini akan menjadi batu loncatan dari banyak proyek lain dari Manga Productions, yang bersaing dengan kualitas standar internasional dan berkolaborasi dengan filmmaker Asia lainnya," ungkap Essam.

Direktur Utama Perum PFN, Dwi Heriyanto B, menambahkan kerja sama yang dilakukan Perum PFN dengan Manga Production, Asian Content Business Summit (ACBS), dan Anatman Pictures merupakan bentuk campaign issue intoleran yang disajikan dalam film animasi. "Melalui campaign kali ini, kami ingin menghadirkan hal yang lain daripada yang lain, harapannya selain menekan isu intoleran, kami pun ingin memberikan edukasi bagi masyarakat, mengenai begitu eratnya suatu tayangan hiburan bisa memberikan pesan yang tepat bagi semua kalangan. Dan yang terutama adalah, begitu pentingnya untuk diketahui bagi para generasi muda tentang toleransi, diversitas, dan saling menghargai," terangnya.

Selain itu, alasan lain Perum PFN akhirnya memilih film The Journey sebagai film yang akan diputar di Indonesia adalah untuk memperluas kolaborasi global antara filmmaker Indonesia, Asia, dan Timur Tengah yang nantinya akan dijembatani oleh ACBS, sehingga bisa mewujudkan pesan-pesan pemberdayaan pemuda, kolaborasi ekonomi, kesempatan kerja, transfer teknologi, dan pertukaran budaya. "Kita berharap film The Journey akan mendapat sambutan hangat di masyarakat, bisa menjadi semangat untuk para penyelenggara hiburan di Indonesia, dengan selalu giat memberikan suguhan yang edukatif dan membangun," tandasnya.

Sinopsis film The Journey

Film ini berkisah tentang seorang pria bernama Aws yang merupakan pembuat tembikar di Makkah. Dirinya terjebak dalam pertempuran di semenanjung Arab, sehingga mengharuskannya mengangkat senjata untuk melindungi kotanya dari penjajah kejam yang dipimpin oleh seorang jenderal, Abraha. Aws dan teman-temannya bertekad mencegah perbudakan dan penghancuran kota mereka.

Film The Journey telah dirilis di banyak negara Timur Tengah dan Asia sejak pertengahan tahun 2021, didukung oleh Asian Content Business Summit (ACBS) sebagai distributor utama di Asia. Film The Journey baru-baru ini berpartisipasi dalam Festival Film 'Septimius' yang diadakan di Amsterdam, Belanda, dan telah memenangkan penghargaan Film Eksperimental Terbaik sehingga menjadikannya sebagai film Saudi dan Arab pertama dalam sejarah yang memenangkan penghargaan Film Eksperimental Terbaik dalam festival internasional.

Film The Journey bersaing dengan tujuh finalis yang dinominasikan dalam kategori film eksperimental. Kategorisasi tersebut tergantung pada keunggulan film dalam menciptakan kekuatan ekspresif yang unik dengan menggunakan gaya seni yang unik. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Perum PFN Hadirkan Film The Journey. Please share...!

Back To Top