Traveloka Dukung Implementasi Lima Pilar Aksi TWG G20

Co-founder Traveloka, Albert, memberikan kata sambutan dalam Tourism Ministerial Meeting yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Tourism Working Group (TWG) di Nusa Dua, Bali, 26 September 2022


BALI (IndonesiaTerkini.com)- Bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia, Traveloka menegaskan komitmennya dengan berpartisipasi menyukseskan Tourism Working Group (TWG). Agenda ini merupakan bagian dalam presidensi Indonesia di KTT G-20.

Vice President of Public Policy and Government Relations Traveloka, Widyasari Listyowulan, mengatakan, sebagai bagian dari ekosistem sektor pariwisata tanah air, Traveloka berkomitmen penuh mendorong percepatan pemulihan pariwisata nasional melalui berbagai inisiasi. "Sebagai mitra strategis pemerintah, kami mendukung penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menyukseskan agenda G-20 Tourism Working Group (TWG) yang berpusat pada lima pilar aksi agar manfaat dari kebangkitan sektor pariwisata pascapandemi dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat," kata Widyasari Listyowulan di Bali, Selasa (27/9/2022).

Sebagai sektor privat yang menjadi mitra strategis, Traveloka bersama pemangku kepentingan lainnya mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang menjadi Chair TWG. Dalam rangkaian kegiatan TWG G-20, Traveloka ikut berdiskusi, serta memfasilitasi wadah bagi para pemangku kepentingan dan delegasi G-20, membahas bagaimana kolaborasi sektor publik dan privat dapat memberikan nilai tambah terhadap industri pariwisata Indonesia. TWG KTT G-20 mengusung isu utama penguatan komunitas sebagai agen perubahan untuk transformasi pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan. Hal ini berpusat pada lima pilar aksi. Meliputi sumber daya manusia (SDM) terkait pekerjaan, bakat, dan edukasi; inovasi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif; pemberdayaan perempuan dan generasi muda; perlindungan iklim, konservasi biodiversitas, dan ekonomi sirkular; serta kerangka kebijakan, tata kelola, dan investasi.

“Kami berharap semua pemangku kepentingan dapat bekerja sama untuk menjadi katalisator transformasi pariwisata yang inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan di tanah air,” sambung Widya.

Sebagai perusahaan teknologi, Traveloka meyakini inovasi dan kolaborasi merupakan kunci kesuksesan pertumbuhan ekonomi dan konektivitas dalam industri pariwisata. Berpartisipasi dalam TWG di KTT G-20, Traveloka menjalankan inisiatif untuk mendukung implementasi Lima Pilar Aksi yang diusung Kemenparekraf. Dalam pilar pengembangan digital talent, Traveloka bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui program Kampus Merdeka dan bermitra bersama Monash University untuk program Mitra 5.0. Selain itu, dalam pilar inovasi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif, Traveloka berinovasi mendukung mitra dan konsumen mereka dengan meluncurkan berbagai produk. Contohnya, Traveloka Clean Partners, Buy Now Pay or Stay Later, dan Traveloka Live.

Untuk pilar perlindungan iklim, Traveloka bekerja sama dengan pemerintah dan mitra untuk menginisiasi program Pahlawan Pohon melalui penanaman 50.000 bibit Mangrove. Kemudian bekerja sama dengan Global Sustainable Tourism Council (GSTC), memberikan pelatihan kepada para mitra akomodasi untuk standar pariwisata berkelanjutan. TWG melaksanakan rapat kerja yang kedua pada 23 September di Bali dan menghasilkan G-20 Bali Guideline, kumpulan strategi kebijakan dari negara-negara anggota G20. Panduan ini disahkan oleh seluruh Menteri Pariwisata negara G20 dalam Tourism Ministerial Meeting yang berlangsung pada 26 September.

“Kami berharap Traveloka dapat terus berkontribusi positif terhadap kemajuan ekosistem pariwisata Indonesia serta berperan aktif sebagai mitra pemerintah untuk menghadirkan best practice yang dapat semakin memperkuat pemulihan sektor pariwisata nasional,” tandas Widya. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Traveloka Dukung Implementasi Lima Pilar Aksi TWG G20. Please share...!

Back To Top