UBL Akan Gelar Jambore Nasional Bank Sampah 2022

Universitas Budi Luhur (UBL) akan menyelenggarakan Jambore Nasional Bank Sampah (JNBS) 2022 yang bekerja sama dengan Pegadaian



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Universitas Budi Luhur (UBL) akan menyelenggarakan Jambore Nasional Bank Sampah (JNBS) 2022 yang bekerja sama dengan Pegadaian. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 14-17 September 2022 di UBL dengan melibatkan berbagai masyarakat, komunitas dan pegiat Bank Sampah se-Indonesia.

"Kegiatan ini akan melibatkan 1.000 orang dari berbagai lintas masyarakat dan komunitas," ujar Rektor UBL, Wendi Usino, Rabu (7/9/2022).

Adapun beberapa komunitas dan pegiat lingkungan yang akan terlibat yaitu dari Bank Sampah seIndonesia, Gammawaste, Lion International, Perbanusa, Pilah Sampah, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Trash Hero, Lingkungan Siapa, dan masih banyak lagi.

Wendi menuturkan, UBL merupakan instansi pendidikan yang aktif dalam pengelolaan kampus ramah lingkungan melalui Bank Sampah UBL yaitu sebagai wadah pengelolaan sampah dan tempat sosialisasi lingkungan di masyarakat. Pada tahun 2020, Bank Sampah UBL meraih penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) sebagai permadani terbesar dari kawasan minuman plastik. Tidak hanya itu, pada ajang UI GreenMetric, UBL meraih peringkat ke-31 pada tahun 2021 dan meraih juara umum lomba nasional memilah sampah menabung emas dari Pegadaian dan mendapatkan hadiah mobil boks.

Adapun maskot Jambore Nasional Bank Sampah 2022 memiliki filosofi, yaitu: Pertama, bumi: Sesuai tema “Wujudkan Bumi Sebagai Rumah Bersama” menggambarkan rumah manusia yang sedang dalam kondisi yang memprihatinkan diakibatkan kurangnya kesadaran dalam diri manusia. Bumi yang kita panggil sebagai rumah semakin lama semakin mengalami kerusakan. Kedua, lumba-lumba yang terjerat rantai sampah: merupakan representasi kondisi makhluk dan alam yang mengalami kerusakan akibat dari ulah manusia. Maskot ini merupakan hasil prakarya panitia JNBS 2022 sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran pentingnya pengelolaan sampah.

"Pengerjaan maskot ini akan berlanjut dari tanggal 5-17 September 2022 melibatkan peserta Jambore Nasional Bank Sampah 2022," ujarnya.

Wendi menuturkan JNBS 2022 ini diharapkan mampu melakukan pendampingan secara berkelanjutan untuk menyelesaikan permasalahan sampah. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading UBL Akan Gelar Jambore Nasional Bank Sampah 2022. Please share...!

Back To Top