WIR Asia dan Grup Salim Akan Luncurkan Platform Metaverse

(Ki-Ka) Chief Business Development Officer and Co-Founder WIR Group Jimmy Halim, CEO Nusameta Stephen NG, Group CEO and Co-Founder WIR Group Michael Budi, Chief Innovation Officer and Co-Founder WIR Group Jeffrey Budiman, dan Chief Technology Officer and Co-Founder WIR Group Senja Lazuardy berbincang dengan jajaran manajemen lainnya saat media gathering dan office warming selebration di Jakarta, Senin, 19 September 2022. WIR Group melalui anak usahanya menyediakan jasa teknologi berbasis AR dengan menggabungkan teknologi VR, AI, Internet of Things (IoT) dan teknologi pendukung lainnya seperti Blockchain dan mechatronics sebagai sarana untuk menghasilkan ide dan produk yang memungkinkan interaksi antara dunia virtual dan dunia nyata


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT WIR Asia Tbk (WIRG) bersama Grup Salim telah membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) bernama PT Metaverse Indonesia Makmur yang menciptakan platform Nusameta. Nusameta yang disebut sebagai “Indonesia versi digital” ini adalah ekosistem yang terdiri atas platform dan integrasi online to offline (O2O) yang memungkinkan seluruh pengguna mewujudkan interaksi antara dunia nyata dan digital.

“Nusameta adalah melalui gaming, entertainment, edukasi, blockchain, dan segala macam aktivitas O2O kami ingin meng-address konektivitas dan aktivitas perekonomian yang equitable bagi Indonesia,” kata CEO Metaverse Indonesia Makmur Stephen Ng saat acara office warming celebration WIR Group di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Dia menyebutkan, ada beberapa pilar besar yang akan menjadi fokus Nusameta, antara lain perekonomian yang berkelanjutan, serta play and earn. Platform ini juga dipastikan akan menghadirkan dunia metaverse yang beragam, mulai dari pendidikan, layanan kesehatan, hiburan, dan lainnya. "Secara revenue pun sumbernya nanti akan berbagai macam, tidak hanya satu,” imbuh Stephen.

Tahap awal, Metaverse Indonesia Makmur akan memperkenalkan pembuatan avatar sebagai representasi digital pengguna platform tersebut. Hal ini akan menjadi awal dari perjalanan penggunaan metaverse. Tahap pembuatan avatar di mesin DAV sudah diperkenalkan secara prototipe di Nexticorn. Pembuatan avatar untuk Nusameta dapat dilakukan melalui aplikasi Nusameta yang segera tersedia di Google Play Store untuk Android dan di mesin DAV – layar pintar berbasis IoT (internet of things) yang terdapat di ribuan gerai Alfamart. Mesin DAV sendiri akan menjadi salah satu portal yang memudahkan pengguna mengakses metaverse. Melalui aplikasi Nusameta di ponsel dan mesin DAV, pengguna dapat melakukan kustomisasi avatar dengan memilih berbagai bentuk wajah, rambut, tubuh, hingga pakaian dan aksesoris yang tersedia. Nantinya, pengguna juga dapat memilih pakaian dan aksesoris eksklusif yang disediakan oleh brand (branded items) yang bekerja sama dengan Nusameta.

Stephen menjelaskan, ada komponen augmented reality (AR) yang menjadi bagian dari pengalaman keseluruhan bagi publik untuk memasuki Nusameta nantinya. Setelah memasuki Nusameta nanti pengguna akan tiba di sebuah hub. Pada hub tersebut, pengguna bisa memilih mau ke mana. “Saya mau belanja hari ini atau bekerja dengan teman-teman,” ujar dia.

Sesuai rencana, social commerce seperti yang sudah diakomodasi oleh TikTok dan Instagram akan pindah ke dalam metaverse. Namun, Stephen belum bisa memastikan kapan Nusameta bisa digunakan secara lengkap oleh masyarakat luas. "Public launching kami masih menunggu waktu yang tepat tetapi pengalamannya akan mulai kami perkenalkan bertahap. Mudah-mudahan untuk publik kami bisa perkenalkan setidaknya pada 2023 karena publik pasti menanti-nanti. Tetapi yang jelas target prototipe di pertemuan G20 pada November 2022,” ujar Stephen.

Sementara itu, Direktur Utama WIR Asia (WIRG) Michel Budi Wirjatmo mengatakan, metaverseumumnya dipakai untuk pelatihan, edukasi, pemasaran, dan hiburan dalam bentuk gim. Platform ini bahkan diklaim telah terbukti meningkatkan kinerja penjualan. "Sebetulnya teknologi komponen metaverse adalah yang kami bangun dari dulu, yaitu AR, VR (virtual reality), dan AI (artificial intelligence). Kami dipercaya membuat metaverse baru yang secara lebih masif untuk end user, yakni Nusameta,” ujar bos emiten berkode saham WIRG tersebut. (sd)

Labels: IPTEK

Thanks for reading WIR Asia dan Grup Salim Akan Luncurkan Platform Metaverse. Please share...!

Back To Top