Wujudkan TOD City, Trans-Jababeka Gandeng 4 Provider Bus

Penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama dan Nota Kesepahaman tentang pengembangan moda transportasi umum di Kawasan Kota Jababeka-Cikarang antara Trans Jababeka dengan dengan empat provider angkutan bus yaitu Sinar Jaya, Perum PPD, Perum DAMRI dan Swoop, di Hollywood Junction Jababeka- Kota Jababeka, Selasa 6 September 2022. (Foto: Dok)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Jababeka Tbk (KIJA) akan menjadikan Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi menjadi kota mandiri berkonsep transit oriented development (TOD) melalui Trans-Jababeka. Untuk itu, dilakukan penandatanganan surat perjanjian kerja sama dan nota kesepahaman tentang pengembangan moda transportasi umum di Kawasan Kota Jababeka- antara Trans Jababeka dengan dengan empat provider angkutan bus yaitu Sinar Jaya, Perum PPD, Perum Damri, dan Swoop, di Kota Jababeka, Selasa (6/9/2022).

"Kerja sama ini untuk menciptakan sistem transportasi publik terintegrasi di kawasan Kota Jababeka Cikarang," kata Direktur Utama PT Grahabuana Cikarang selaku pengembang dan pengelola Kota Jababeka Cikarang, Suteja S Darmono, Rabu (7/9/2022).

Trans-Jababeka adalah layanan transportasi massal terintegrasi yang melayani masyarakat di Jababeka-Cikarang, baik di dalam kawasan maupun antar-kawasan dari Kabupaten Bekasi hingga DKI Jakarta dan wilayah aglomerasi Jabodetabek dan sekitarnya. "Kerja sama dengan provider bus ini menghadirkan transportasi publik untuk menghubungkan seluruh kawasan Kota Jababeka dengan kota-kota besar di sekitarnya dan transportasi antarmoda transportasi umum lainnya (commuter bus, airport, stasiun KRL dan Kereta Api Cepat)," kata Suteja S Darmono.

Lewat kerja sama ini, akan hadir bus Damri dengan rute Jababeka dengan Bandara Soekarno-Hatta; Bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) dan antar-kota dalam provinsi (AKDP) dari Sinar Jaya ke Jawa Tengah; Bus Perum PPD dengan rute Kota Jababeka ke wilayah Jakarta; dan Bus Swoop untuk meningkatkan aksesibilitas ke Kota Jababeka. Saat ini TOD City Jababeka sudah eksis dengan transportasi publik mulai layanan Jabodetabek Residence Connexion dengan rute Hollywood Junction ke Blok M-Jakarta, Jabodetabek Airport Connexion, Bus AKDP hingga layanan shuttle bus Damri dengan rute dari Hollywood Junction ke Stasiun Cikarang.

Dalam kesempatan yang sama Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan kolaborasi tersebut akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Bekasi, khusus yang tinggal maupun bekerja di Kota Jababeka. “Saya minta dukungan pada pemerintah pusat memberikan fasilitas pelayanan umum bus umum seperti di kota-kota lain, yaitu buy the service di mana dibayar pemerintah berdasarkan layanan yang diberikan, khususnya untuk angkutan luar kawasan industri ke kawasan industri," kata dia.

Hal ini kata dia, akan mengurangi timbulan lalu lintas akibat penggunaan kendaraan-kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat yang saat ini jumlahnya sangat besar dan menimbulkan kemacetan.

Direktur Angkutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Tatan Rustandi optimistis hadirnya bus umum buy the service dan sejumlah operator bus di Shuttle Bus Hollywood Junction akan memudahkan mobilitas masyarakat sekaligus mendorong menggunakan angkutan umum.

Sementara Managing Director PT Jababeka Infrastruktur, Agung Wicaksono menambahkan, bahwa hadirnya sistem transportasi terintegrasi telah menjadi kebutuhan kawasan Kota Jababeka karena Kota Jababeka saat ini memiliki 1 juta jiwa pekerja dan 1,2 jiwa populasi. Arus masyarakat maupun karyawan menuju Kota Jababeka- Cikarang saat jam produktif relatif tinggi, yakni 2 juta orang. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Wujudkan TOD City, Trans-Jababeka Gandeng 4 Provider Bus. Please share...!

Back To Top