Dukung Pengembangan EBT, KSB Indonesia Pasang PLTS Atap

PT KSB Indonesia mendukung pemberdayaan energi terbarukan dengan menggunakan solar panel untuk kegiatan operasional perusahaan, Selasa, 18 Oktober 2022


BEKASI (IndonesiaTerkini.com)- PT KSB Indonesia mendukung pemberdayaan energi baru terbarukan (EBT) dengan menggunakan panel surya atau solar panel untuk kegiatan operasional perusahaan. Pemasangan panel surya dilakukan seiring dengan perluasan pabrik dan workshop di kawasan Cibitung, Jawa Barat.

Direktur Operasi KSB Indonesia Iwan Suprajan mengatakan, panel surya yang terpasang di atap pabrik dengan kapasitas 200 kilowatt peak (kWp). Adapun kebutuhan daya pabrik sebesar satu megawatt (MW). Dia mengungkapkan kapasitas panel surya dapat ditambah di tahun-tahun mendatang. "Pemasangan panel surya juga diterapkan di seluruh KSB Group di dunia. Dari kalkulasi kami ini mampu meningkatkan efisiensi sebesar 20%," kata Iwan, Selasa (18/10/2022).

Philippe menuturkan bisnis KSB Indonesia ke depan tidak hanya pada sektor pertambangan. Namun juga merambah pada energi baru terbarukan. Produk perusahaan berupa pompa maupun valve dapat menunjang pengembangan energi terbarukan di Indonesia. "Pasar energi merupakan sektor yang sangat penting, dan kami mendukung perusahaan pengembang listrik," tuturnya.

Lebih lanjut Philippe menerangkan, saat ini ada sekitar 403 karyawan. Dengan perluasan pabrik maka KSB Indonesia membuka kesempatan 505 lapangan kerja baru di bidang engineering, manufaktur, service and solution. Pabrik KSB Indonesia awalnya seluas 3.620 meter persegi dan diperluas menjadi 9.620 meter persegi. Ekspansi ini digunakan untuk memenuhi permintaan. "Meskipun dalam kondisi pandemi, kami selalu optimis dalam melihat peluang. Secara berkesinambungan kami juga berupaya mengoptimalkan bahan baku lokal melalui peningkatan TKDN," jelasnya.

KSB Indonesia memperkenalkan produk DnD (Dewatering and Dredge Pump) set. Produk ini 100 persen dikembangkan di Indonesia sejak 2009. DnD digunakan untuk memindahkan atau mengurangi air di pit (kolam/danau) dan mengambil lumpur di dasar pit. DnD mendukung kegiatan pertambangan dan telah digunakan di konsesi milik PT Bukit Asam Tbk di Sumatera, PT J Resources di Malaysia. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Dukung Pengembangan EBT, KSB Indonesia Pasang PLTS Atap. Please share...!

Back To Top