Indonesia-Jepang Perkuat Ekosistem Startup Indonesia

Ajang Japan-Indonesia Innovation Summit 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Guna memperkuat ekosistem startup antara korporasi Jepang dan Indonesia, Japan External Trade Organization (Jetro) Jakarta mengambil langkah strategis menggelar Japan Indonesia Innovation Meetup 2022. Berkolaborasi dengan Indogen Capital, acara ini mempertemukan perusahaan rintisan Jepang dan Indonesia, korporasi dan lebih dari 150 eksekutif level dari korporasi terkemuka dari Jepang dan Indonesia. Mengusung tema “Innovation and Investment Landscape during Tough Times,” Japan Indonesia Innovation Meetup bertindak sebagai jembatan bagi komunitas startup Jepang agar dapat berkolaborasi dengan leading startup dan korporasi demi menciptakan inovasi.

Senior Director Jetro Jakarta, Kentaro Machii menyatakan kolaborasi tersebut untuk mempercepat transformasi digital dan green transformation di Indonesia dan Jepang. Minat besar perusahaan Jepang pada startup Indonesia dapat mendukung sinergi pada bisnis mereka. "Begitu pula sebaliknya banyak startup Jepang dengan teknologi baru yang canggih di bidang seperti IoT, AI, dan Aerospace tertarik untuk memperluas bisnisnya ke Indonesia dan mencari partner lokal. Tujuan Jetro adalah untuk menghubungkan perusahaan-perusahaan tersebut untuk kerja sama yang saling menguntungkan. Kami berharap kami dapat melihat kolaborasi yang menarik ke depannya," kata Kentaro, Kamis (6/10/2022).

Dijelaskan, acara berlangsung dengan empat aktivitas sebagai kunci kolaborasi dari perusahaan Jepang dan Indonesia. Yakni pitching startup Indonesia dan Jepang untuk memperkenalkan bisnis di mata korporasi, panel discussion yang memberikan gambaran bagaimana landscape investasi di Indonesia dan dibawakan oleh praktisi yang berpengalaman, serta exclusive dinner yang mendukung business matching antara startup dan korporasi.

Managing Partner dari Indogen Capital, Chandra Firmanto menyatakan pihaknya selama ini sudah menjadi leading venture capital di Asia Tenggara dalam memberikan value added untuk startup ecosystem. Mereka secara konsisten menghubungkan leading startups dengan leading corporations. Gelaran acara Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 merupakan bentuk konsistensi Jetro dan Indogen dalam menciptakan value collaboration dengan menghadirkan leading startups dengan leading corporations antara Jepang dan Indonesia. "Kami siap memberikan dukungan konsultasi gratis untuk perusahaan Jepang dan Indonesia yang ingin berkolaborasi satu sama lain atau dengan startup terkemuka dari Jepang dan Indonesia,” pungkas Partner Indogen Capital, Halim. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Indonesia-Jepang Perkuat Ekosistem Startup Indonesia. Please share...!

Back To Top