Jaga Pembiayaan Sehat, BSI Raih ESG Disclosure Award 2022

Bersama dengan ESG Disclosure Awards 2022 yang didapatkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk pada Rabu, 26 Oktober 2022. BSI juga menerima penghargaan Indonesia Award 2022 dengan predikat Outstanding Acceleration of Digital Customer Acquisition. Pada ajang penghargaan tersebut, Digital Strategy and Development Group Head Riko Wardhana menerima penghargaan mewakili BSI, dimana penghargaan yang didapat merupakan apresiasi atas upaya perusahaan meningkatkan user BSI Mobile sebesar 81% yoy per Juni 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI meraih penghargaan dengan kategori rating Commitment CCC dalam acara ESG Disclosure Awards 2022 karena dinilai memiliki komitmen dalam pengungkapan dan penerapan Environment, Social and Governance di perseroan.

Senior Vice President Corporate Secretary and Communication Group BSI Gunawan Arief Hartoyo mengatakan apresiasi ini menjadi pendorong bagi perusahaan untuk konsisten menerapkan dan melaporkan prinsip ESG dalam praktik usaha selalu memperhatikan aspek environmental (lingkungan), social (sosial) dan governance (tata kelola perusahaan). "Terima kasih atas penghargaan rating Commitment CCC yang diberikan kepada BSI. Apresiasi ini akan menjadi penyemangat bagi insan BSI untuk terus menjaga ketiga aspek ESG ini, sesuai prinsip syariah yang mengedepankan profit, people dan planet (3P),” jelas Gunawan, Rabu (26/10/2022).

Penerapan ESG ini, tambahnya, menjadi tantangan terbesar dalam menerapkan keuangan berkelanjutan bagi perseroan dalam mendukung terbentuknya Islamic Ecosystem di Indonesia guna meningkatkan industri keuangan syariah. “Kami berharap hadirnya Bank Syariah Indonesia dapat terus memberikan keberkahan dan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat di seluruh Indonesia," lanjutnya.

ESG Disclosure Awards 2022 ini mengapresiasi seluruh perusahaan yang telah mengungkapkan aspek-aspek komitmen penerapan tiga aspek tersebut. Sedikitnya 150 perusahaan yang menerbitkan Sustainabilty Report (SR) dari ribuan jumlah perusahaan di Indonesia yang sebenarnya turut memiliki tanggung jawab pengungkapan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola.

Gunawan menambahkan saat ini perseroan sedang terus mengembangkan Islamic Ecosystem dalam upapa mengembangkan keuangan yang berkelanjutan melalui penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) yang mengusung konsep 3P. Adapun dana CSR yang disalurkan BSI ke berbagai sektor socioeconomic mencapai Rp 84,1 miliar.

Dia menjelaskan BSI mencatat pembiayaan terkait ESG terus mengalami peningkatan dan ke depannya akan terus didorong sehingga perseroan mampu menghadirkan value yang lebih baik kepada para pemangku kepentingan. Tentunya value tersebut dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup. Sedangkan pembiayaan keuangan berkelanjutan BSI per Juni 2022 mencapai Rp 50,05 triliun atau 26% dari total pembiayaan BSI.

Indonesia Award

Selain itu, perseroan juga mendapatkan penghargaan sebagai Outstanding Acceleration of Digital Customer Acquisition dalam acara Indonesia Awards 2022. Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi BSI atas upaya perusahaan meningkatkan user BSI Mobile sebesar 81% yoy per Juni 2022. Jumlah pengguna yang semakin meningkat dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat yang mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM maupun Internet Banking. Saat ini profil nasabah BSI sebanyak 97% telah beralih menggunakan e-channel untuk beraktivitas perbankan. Transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117,72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp119 miliar.

“Perseroan akan terus menambah fitur-fitur pada BSI Mobile untuk memudahkan kebutuhan masyarakat, baik dari sisi transaksi maupun sosial,” jelas Digital Strategy and Development Group Head Riko Wardhana.

Sementara itu, BSI berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja yang signifikan dan berkualitas sepanjang pertengahan tahun ini. Di tengah kondisi perekonomian yang menantang akibat gejolak ekonomi global, pada kuartal II/2022, BSI mampu membukukan laba bersih mencapai Rp2,13 triliun, tumbuh 41,31% year on year (yoy). (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Jaga Pembiayaan Sehat, BSI Raih ESG Disclosure Award 2022. Please share...!

Back To Top