Kolaborasi Lintas Sektor Percepat Transformasi Digital

International Test Center (ITC), sebagai lembaga yang mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) menggelar ITC Leadership Seminar 2022, di Artotel Suites Mangkuluhur Hotel, Jakarta, 12-13 Oktober 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Indonesia telah berhasil melalui masa krisis selama 2 tahun terakhir sebagai dampak pandemi Covid-19. Terbukti, banyak bisnis mampu bertahan dan menciptakan peluang baru.

CEO International Test Center (ITC), Jenny Lee mengatakan, pandemi Covid-19 memacu setiap orang untuk melihat cara bisnis yang sukses beroperasi, berubah dari mode operasi dan manajemen tradisional menjadi cara operasi yang berorientasi teknologi. "Proses transformasi digital yang terencana adalah kunci untuk tidak hanya sukses di lingkungan baru ini, tetapi juga kunci untuk menciptakan inovasi yang relevan sesuai perkembangan dan kebutuhan pasar," kata Jenny Lee, saat pembukaan ITC Leadership Seminar 2022, di Artotel Suites Mangkuluhur Hotel, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Jenny Lee menjelaskan, dibutuhkan kolaborasi berbagai sektor, terutama pendidikan, industri, dan pemerintah, untuk menavigasi transformasi digital di seluruh Indonesia, guna memastikan arah pembangunan nasional yang berkelanjutan, berdasarkan experience atau pengalaman selama pandemi Covid-19 menuju ke era baru. "Seminar ini juga bertujuan untuk menyediakan platform diskusi tentang tema penting bagaimana literasi digital dan komunikasi bahasa Inggris perlu disampaikan dan dikembangkan di sekolah, kampus, perusahaan dan industri, serta badan pemerintah untuk meningkatkan keunggulan kompetitif sumber daya manusia Indonesia," jelasnya.

Jenny Lee menambahkan, proses transformasi digital yang terencana merupakan kunci utama untuk inovasi yang relevan dan praktis supaya dapat mempertahankan momentum ke depan. Selain itu, transformasi digital membutuhkan pemikiran ulang tentang bagaimana suatu organisasi menggunakan teknologi, sumber daya manusia, dan proses yang ada dalam mencapai sebuah model bisnis baru dan aliran pendapatan baru. "Model bisnis dan aliran pendapatan ini didorong oleh perubahan harapan pelanggan seputar produk dan layanan yang mereka terima," tandasnya.

Menurut Jenny Lee, transformasi digital juga membutuhkan kolaborasi lintas departemen, menggabungkan misi, tujuan, dan praktik bisnis perusahaan atau institusi dengan sejumlah model pengembangan aplikasi dengan cepat. "Keterampilan dan menguasai bisnis digital adalah salah satu solusi untuk tetap berada terdepan dalam persaingan di dunia saat ini, baik untuk tingkat nasional maupun internasional,” tegasnya.

Sementara itu, Executive Chair Indonesian National Commission for UNESCO, Itje Chodidjah, mengatakan, lembaga pendidikan, sekolah dan kampus, memiliki peran penting dalam mempersiapkan generasi masa depan untuk berpartisipasi dalam kehidupan di era yang makin tidak menentu ini. "Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajak kita semua untuk refleksi dan membaca situasi pendidikan di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya, di tengah transformasi digital yang semakin deras,” kata Itje Chodidjah. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kolaborasi Lintas Sektor Percepat Transformasi Digital. Please share...!

Back To Top