Krisis Semikonduktor Teratasi, Inden Motor Lebih Singkat

Konferensi pers Indonesia Motorcycle Show (IMOS) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), 11 Oktober 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kelangkaan chip semikonduktor yang terjadi pada pertengahan 2022 sempat mengganggu produksi pabrikan otomotif, termasuk sepeda motor. Banyak agen pemegang merek (APM) tidak bisa memenuhi permintaan secara cepat karena produksi terhambat. Namun saat ini persoalan tersebut sudah mulai teratasi.

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Yohannes Loman menyampaikan, saat ini produsen sudah mulai mengatasi suplai semikonduktor. Sehingga AISI optimistis penjualan akan tetap tumbuh. "Saya kira permasalahan chip semikonduktor sudah bisa diatasi oleh member kita. Kalau kita lihat, sejak Agustus 2022 total marketnya sekitar 500.000-an unit, dan September 2022 juga. Jadi menurut saya harusnya selesai," kata Yohannes Loman usai konferensi pers Indonesia International Motor Show (IMOS) 2022, di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Loman menyampaikan, saat ini masa tunggu atau inden untuk produk sepeda motor bisa sampai ke tangan konsumen tidak lagi terlalu lama. Namun untuk produk-produk tertentu, kemungkinan masih ada inden yang lama. "Untuk tipe-tipe tertentu seperti yang kapasitanya 750 cc atau 1.000 cc, kemungkinan inden ada. Namun untuk yang lain, mudah-mudahan bisa teratasi," kata Loman.

Selain mulai teratasinya masalah semikonduktor, Loman mengatakan penyelenggaran IMOS 2022 juga diyakini akan mampu menjadi pendorong terciptanya potensi permintaan sepeda motor baru. AISI meyakini dengan dorongan dari penyelenggaraan pameran IMOS 2022, proyeksi penjualan sepeda motor nasional sebesar 5,1-5,4 juta unit pada tahun ini dapat tercapai. "Melihat history pencatatan penjualan pada setiap penyelenggaraan IMOS, kami optimistis penyelenggaraan IMOS tahun ini akan mendorong pertumbuhan penjualan menjelang akhir tahun,” ujar Loman.

IMOS 2022 sendiri akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 2-6 November 2022. Pada penyelenggaraan kali ini, AISI akan menghadirkan teknologi dan produk terbaru, termasuk sepeda motor dengan teknologi ramah lingkungan dan sepeda motor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV). (sd)

Labels: Otomotif

Thanks for reading Krisis Semikonduktor Teratasi, Inden Motor Lebih Singkat. Please share...!

Back To Top