Pabrik Amonium Nitrat PKT Beroperasi Komersial April 2023

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali berinovasi dengan mengembangkan komoditas amonium Nitrat


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali berinovasi dengan mengembangkan komoditas amonium nitrat. Inisiatif ini merupakan bagian dari roadmap pertumbuhan PKT 40 tahun ke depan, di mana hilirisasi petrokimia berbasis renewable resources menjadi salah satu strategi yang akan dijalankan untuk keberlanjutan. Sebelumnya, PKT melalui anak usahanya PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN) yang merupakan perusahaan patungan dengan PT Dahana Investama Corp (anak perusahaan Dahana) telah melakukan penandatanganan kontrak pada 18 Desember 2019 untuk pembangunan pabrik amonium nitrat berkapasitas 75.000 MTPY di Kawasan Industri PT Kaltim Industrial Estate (KIE), Bontang, Kalimantan Timur. Pabrik ini ditargetkan selesai pada 2022 dan akan beroperasi secara komersial di Kuartal II 2023.

Hanggara Patrianta, Direktur Operasi dan Produksi PKT mengatakan, melalui hilirisasi ini komoditas seperti amonia dan produk turunannya diharapkan mampu memberikan nilai tambah dan sekaligus berdampak positif bagi perekonomian Indonesia. Strategi ini juga sejalan dengan mimpi besar pemerintah untuk membangun Indonesia yang lebih mandiri energi dan industrinya. Dalam prosesnya, PKT melihat bahwa pada 2024 mendatang, permintaan amonium nitrat diperkirakan akan naik hingga 221.441 ton. Menjawab tantangan tersebut, pembangunan Pabrik KAN diharapkan mampu memenuhi kebutuhan amonium nitrat dalam negeri dan sebagai upaya substitusi impor. "Potensi pasar tersebut meliputi kegunaan amonium nitrat sebagai bahan baku pupuk, bahan peledak untuk industri tambang, dan untuk industri lainnya," ujarnya, Selasa (25/10/2022).

Indardi, SVP Pengembangan PKT menambahkan, perusahaan memilih untuk mengembangkan produksi amonium nitrat mengingat fungsi dan kegunaan bahan kimia ini memiliki nilai tambah yang sangat potensial. Namun sayangnya, nilai impor untuk suplai amonium nitrat pun masih sangat tinggi. Kehadiran pabrik amonium nitrat PKT inilah yang nantinya diharapkan bisa mengurangi volume impor domestik dengan mengoptimalkan fungsi amonium nitrat di berbagai sektor. "Dari pembangunan pabrik amonium nitrat ini, kita bisa melihat bahwa ke depannya PKT akan semakin memperluas bidang industrinya untuk bisa semakin mumpuni dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri melalui pengembangan produk turunan amonium nitrat. Kegunaannya juga sangat luas," katanya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pabrik Amonium Nitrat PKT Beroperasi Komersial April 2023. Please share...!

Back To Top