Prospek Makanan Ringan Cerah, Tays Bakers Akan Ekspor ke AS

Public Expose PT Jaya Swarasa Agung Tbk (TAYS) di Jakarta Senin 24 Oktober 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS), produsen makanan ringan sehat menjajaki pasar Amerika Serikat (AS).

"Saat ini Tays Bakers sedang dalam proses mengekspor produk kami ke Amerika Serikat dan akan masuk juga ke Kanada tahun depan," kata CEO Tays Bakers Alexander Anwar dalam public expose insidentil perseroan di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Selain itu, Tiongkok sebagai pasar utama ekspor juga dalam masa pemulihan. "Kami yakin ke depannya kinerja Tays Bakers akan terus meningkat,” kata dia.

Hingga semester I 2022, Tays Bakers mencatat pendapatan Rp 157,9 miliar naik 7,3% dibandingkan Rp 147,1 miliar pada Juni 2021. TAYS juga mencatatkan peningkatan margin kotor sebesar 17% pada semester I 2022, menjadi Rp 40,3 miliar dari Rp 34,09 miliar pada Juni 2021. "Tays Bakers menunjukkan pertumbuhan bagus dan semuanya on track sesuai rencana usaha. 2021 merupakan tahun terbaik kami, tetapi ternyata performa di 2022 sejauh ini bahkan sudah melampaui hasil tersebut. Hal ini didukung kegiatan perusahaan yang berjalan lancar, mulai produksi, distribusi, hingga ekspor," kata dia.

Tays Bakers juga berencana meluncurkan produk makanan ringan baru inovatif yang belum dimiliki kompetitor. Produk baru akan diluncurkan sebelum akhir tahun 2022. Dalam public expose insidentil ini, Alexandar menambahkan, perusahaan tidak ada intervensi apapun yang dapat memengaruhi nilai efek perusahaan atau keputusan investasi pemodal. "Namun seiring dengan pertumbuhan perusahaan yang baik dan semakin dikenalnya nama TAYS sejak kami go public, kami melihat semakin banyak minat terhadap saham TAYS dari investor dalam maupun luar negeri,” kata dia.

Dilihat dari rasio harga terhadap penjualan (price to sales ratio), saat ini tercatat pada 1,86x, sedikit di bawah rata-rata industri di 2–2,1x, sehingga masih terbilang wajar.

Didirikan pada 1998, Tays Bakers memulai usahanya dengan 1-line produksi wafer stick dengan merek dagang Nitchi. Kini, perusahaan berkembang dan memiliki empat kategori produk yaitu Biscuit and Crackers, Rolled Wafer, Extruded Puff Snack dan Chocolate Confectionary dengan berbagai merek dagang seperti produk Crisp Kentang Panggang TRICKS. Produk-produk Tays Bakers telah diekspor ke ASEAN, Tiongkok, Taiwan, Korea, Australia, hingga Timur Tengah. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Prospek Makanan Ringan Cerah, Tays Bakers Akan Ekspor ke AS. Please share...!

Back To Top