Daihatsu Resmikan Sarana Pelatihan untuk SMK di Karawang

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan fasilitas Dojo sebagai sarana berlatih teknik otomotif di SMK Lentera Bangsa, Karawang, Jawa Barat


KARAWANG (IndonesiaTerkini.com)- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan fasilitas Dojo sebagai sarana berlatih teknik otomotif di SMK Lentera Bangsa, Karawang, Jawa Barat. Inisiasi ini merupakan kolaborasi ADM dengan Pemerintah Kabupaten Karawang. Dojo artinya tempat berlatih ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para siswa-siswi SMK dengan cara studi praktik langsung. Fasilitas pelatihan ini telah dikondisikan riil agar siap menghadapi dunia kerja nyata di industri otomotif.

“Peresmian dan penandatanganan kerja sama ini menjadi wujud nyata komitmen Daihatsu terhadap kepeduliannya akan dunia pendidikan di Indonesia, melalui peningkatan kompetensi sekolah vokasi, serta menyelaraskan antara kebutuhan dunia industri otomotif dengan dunia pendidikan melalui Program Pintar Bersama Daihatsu," ujar Dikky Burhan, Kepala Divisi Corporate Planning and Communications PT Astra Daihatsu Motor.

Fasilitas Dojo di SMK Lentera Bangsa ini dibangun sejak April 2022 dan memiliki sarana pelatihan seperti Dojo Assembling yang mengajarkan proses perakitan kendaraan, Dojo Welding yang merupakan teknik dasar pengelasan, Dojo Behaviour yang mengajarkan budaya industri yang fokus dalam pengembangan karakter; Dojo K3 mengajarkan pemahaman dalam menduga potensi bahaya; dan Dojo Measurement untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan alat ukur.

“Ke depannya fasilitas ini memiliki potensi untuk mendukung penyediaan calon tenaga kerja bagi perusahaan manufaktur di wilayah Karawang, juga dapat menjadi sarana pelatihan untuk sekolah lain dan masyarakat sekitar,” kata Rosmalia Dewi, Perwakilan Pemerintah Karawang.

Selain SMK Lentera Bangsa, Daihatsu juga mengembangkan fasilitas Dojo di beberapa sekolah vokasi lain seperti SMK Pratama Mulya Ciampel, SMK Iptek Sanggabuana, dan SMK Muhammadiyah 2 Cikampek. Hingga saat ini, ADM tercatat telah membina 439 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia. (ym)

Labels: Otomotif

Thanks for reading Daihatsu Resmikan Sarana Pelatihan untuk SMK di Karawang. Please share...!

Back To Top