Demam Motor dan Sepeda Listrik, BIKE Bidik Laba Rp 40 Miliar

PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk paparan publik di Jakarta, Rabu, 9 November 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE), produsen sepeda dengan brand United menargetkan revenue (pendapatan) pada tahun 2023 sebesar Rp 500 miliar, sedangkan laba diproyeksikan sebesar Rp 40 miliar.

Presiden Direktur PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE) Andrew Mulyadi menyampaikan kontribusi terbesar revenue pada 2023 akan disumbang produk e-moped (sepeda listrik) sekitar 40%, sisanya sepeda dan e-motor. Adapun untuk dealer e-motor dan e-moped akan terpisah. Saat ini BIKE memiliki 11 dealer e-motor yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Bengkulu dan daerah lainya di Indonesia. “Untuk saat ini kontribusi paling besar penjualan e-motor ada di Jawa dan Bali,” ungkap Andrew Rabu (9/11/2022).

Sedangkan target pendapatan hingga akhir tahun 2022 sebesar Rp 250 miliar dengan laba Rp 30 miliar. Adapun hingga kuartal III 2022, perseroan telah meraih pendaatan Rp 170 miliar dengan laba Rp 22 miliar.

Dia mengatakan BIKE akan mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) pada tahun 2023 senilai Rp 5 miliar untuk produksi kendaraan, software, penambahan kantor dan sebagainya. Hingga saat ini, BIKE memiliki dua pabrik di Gunung Putri dan Sentul, Bogor. Sedangkan pabrik motor terbaru terletak di Curug, Tangerang. Aset BIKE meningkat 46,3% (CAGR) dan ekuitas naik hingga 235,8% (CAGR) selama periode tahun 2018 hingga kuartal ketiga tahun 2022. “Peningkatan tersebut disumbang dari e-moped atau sepeda listrik yang menjadi produk dengan penjualn meningkat cukup signifikan,” tuturnya.

Sebagai bagian ekspansi, PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk menggandeng PT Terang Dunia Internusa sebagai partner usaha. PT Terang Dunia Internusa merupakan pabrikan lokal produk United E-Motor (motor listrik). “Diharapkan dengan kerja sama ini, mampu membawa industri dalam negeri, khususnya kendaraan listrik, semakin berkembang,” ungkap Andrew.

Hingga saat ini, PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk telah memiliki 684 dealer di 28 provinsi. Pengembangan area pemasaran yang progresif adalah salah satu kunci strategi BIKE. “Dengan berbagai strategi komprehensif, BIKE optimistis bisa memenangkan persaingan usaha di pasar Indonesia yang luas,” tutupnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Demam Motor dan Sepeda Listrik, BIKE Bidik Laba Rp 40 Miliar. Please share...!

Back To Top