Dorong Ekonomi NTB, BI Lepas Ekspor Lima Komoditas Unggulan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB melepas UMKM Ekspor dan Pariwisata NTB yang merupakan bagian dari dukungan Bank Indonesia pada gelaran World Super Bike (WSBK) Mandalika 2022


MATARAM (IndonesiaTerkini.com)- Bank Indonesia (BI) sebagai hamzah washal atau akselerator ingin mengajak seluruh stakeholders untuk bersama-sama mendorong kebangkitan ekonomi di Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya melalui akselerasi pengembangan ekspor komoditas unggulan non-tambang dan pariwisata.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono memberikan apresiasi kepada NTB karena memiliki persentase pertumbuhan ekonomi yang positif di angka 7,10%, lebih baik dari nasional yang berada di kisaran 5,72%. Pertumbuhan ekonomi yang baik tersebut juga karena adanya penguatan dari sisi ekspor, sehingga pelaksanaan selebrasi ekspor dan pariwisata kali ini merupakan hal yang sangat tepat ditambah dengan event WSBK Mandalika 2022. "Saya turut bangga dan mengapresiasi forum NTB Genjot Ekspor bisa mendorong kinerja ekspor, semoga momentum ini bisa kita manfaatkan dengan baik untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ucap Doni saat melepas UMKM Ekspor dan Pariwisata NTB yang merupakan bagian dari dukungan Bank Indonesia pada gelaran World Super Bike (WSBK) Mandalika 2022, Sabtu (12/11/2022).

Kepala KPW BI Provinsi NTB, Heru Saptaji yang menjelaskan kondisi pertumbuhan ekonomi NTB secara umum yang terus berangsur membaik. Bank Indonesia dengan dedicated team NTB Genjot Ekspor juga berhasil merespons dan menangkap peluang pasar ekspor non-tambang sebagai new source engine of growth di wilayah NTB antara lain komoditas vanili organik, kopi, sarang burung walet, rumput laut, dan ikan tuna. "Keberhasilan ekspor bukan suatu perjalanan yang singkat, diperlukan upaya pendampingan secara end to end baik dari sisi hulu sampai ke hilir,” ungkapnya.

Selain itu, berbagai intervensi dilakukan KPW BI Provinsi NTB, antara lain dari aspek sarana dan prasarana produksi, green house, pemasaran produk hingga luar negeri, fasilitasi pengiriman sampel produk ke luar negeri, serta berbagai aspek penunjang lainnya. "Dari berbagai upaya tersebut, antusiasme dan permintaan calon buyers dari luar negeri terhadap komoditas unggulan NTB ternyata sangat tinggi, yang menunjukkan bahwa kualitas produk yang dimiliki UMKM NTB bisa bersaing di pasar internasional,” ujar Heru. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Dorong Ekonomi NTB, BI Lepas Ekspor Lima Komoditas Unggulan. Please share...!

Back To Top