Ini Keunggulan Sistem Hybrid di Kijang Innova Zenix

Seremoni produksi lokal Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik perakitan Toyota yang terletak di Karawang, Jawa Barat, 21 November 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Kijang Innova Zenix Hybrid. Kendaraan ramah lingkungan ini merupakan model hybrid pertama yang diproduksi Toyota di Indonesia, tepatnya di pabrik perakitan Toyota di Karawang, Jawa Barat.

Vice President Director TAM Henry Tanoto menyampaikan, sejak tahun 2009, TAM telah menjadi pionir dalam menghadirkan kendaraan elektrifikasi dalam rangka mewujudkan mobilitas ramah lingkungan. Melalui strategi multi-pathway, TAM menyediakan pilihan lengkap teknologi elektrifikasi mulai dari hybrid EV, plug-in hybrid EV, hingga battery EV melalui Nll New bZ4X. "Hari ini, kami memperluas aplikasi teknologi elektrifikasi, khususnya Toyota Hybridsystem generasi terbaru yang juga digunakan oleh All New Prius, ke All New Kijang Innova Zenix dengan harapan tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat, namun juga dapat memberikan kontribusi lebih besar dalam menekan angka emisi karbon,” kata Henry dalam acara global premier All New Kijang Innova Zenix, di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Toyota menyematkan teknologi Toyota hybridsystem generasi ke-5 pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid. Chief Engineer Toyota Motor Corporation (TMC) Hideki Mizuma menyampaikan, sistem baru ini mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada motor bakar dan motor listrik, sehingga menghasilkan performa yang superior, efisiensi yang lebih baik, serta rendah emisi gas buang. Mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm. Menariknya, ketika melaju kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm, sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.

Hideki menambahkan, dalam motor listrik yang compact juga dikembangkan komponen di dalamnya untuk meningkatkan power output. Termasuk, downsized transaxle sebagai penyalur tenaga ke roda depan yang ditingkatkan kinerjanya untuk efisiensi dan lebih senyap ketika beroperasi. Baterai hybrid Ni-MH juga dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin. Terdapat filter pada tutup saluran udara pendingin baterai, sehingga penumpukan debu di jalur pendinginan ditekan guna mencegah penurunan usia pakai baterai akibat peningkatan suhu baterai.

Selain varian hybrid, Kijang Innova Zenix juga hadir dalam varian gasoline atau bensin. Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmy Suwandy menyampaikan, All New Kijang Innova Zenix Hybrid hadir dengan tiga tipe utama yaitu Q, V dan G. Sedangkan untuk varian gasoline terdapat tipe G dan V. "Untuk yang gasoline, tipe G dimulai dari Rp 419 juta OTR Jakarta. Kemudian yang V gasoline itu Rp 497 jutaan. Untuk yang hybrid, harganya untuk tipe G Rp 458 juta, tipe V Rp 532 juta, dan yang Q Rp 611 juta,” ungkap Anton Jimmy. (ym)

Labels: Otomotif

Thanks for reading Ini Keunggulan Sistem Hybrid di Kijang Innova Zenix. Please share...!

Back To Top