Kadin Gandeng SMU dan Anchorage Luncurkan Pelatihan ESG

Peluncuran pelatihan ESG dan Commodity Trade Finance di Jakarta, Selasa 22 November 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama PT Anchorage Indonesia dan Singapore Management University (SMU) meluncurkan program pelatihan untuk membantu perusahaan mendalami pemahamannya terkait environmental, social and governance (ESG).

Menurut Advisor PT Anchorage Indonesia Ju Han Woong, pelatihan ini juga diharapkan bisa membantu perusahaan-perusahaan untuk menarik green financing atau pembiayaan hijau. Apalagi mengingat masih minimnya pengetahuan mengenai sustainability di dunia usaha Indonesia. "Sebenarnya banyak peluang pembiayaan dan pendanaan hijau di luar sana. Banyak bank dan investor yang tengah mencari proyek-proyek keberlanjutan. Tapi, ada gap yang besar. Karena banyak perusahaan Indonesia yang belum terlalu mengerti soal solusi-solusi ramah lingkungan,” ucap Ju Han Woong, Senin (22/11/2022).

Ju Han Woong menjelaskan pelatihan ini akan berlangsung selama lima hari. Di dua hari pertama, peserta akan mendapatkan gambaran umum mengenai corporate sustainability. Lalu mereka akan mematangkan pemahaman mereka khususnya terkait inovasi-inovasi keberlanjutan selama tiga hari berikutnya. "Pelatihan lima hari tentu tidak akan menjadikan mereka ahli di bidang sustainability, tapi setidaknya bisa memberikan mereka ide tentang solusi-solusi keberlanjutan yang sekiranya bisa membantu perusahaan-perusahaan agar lebih ramah lingkungan,” jelas Ju Han Woong.

“Seperti lewat penggunaan panel surya. Ini sebenarnya bukan hanya soal cost-saving, tetapi ini juga perihal pembiayaan. Bank siap untuk mendanai, bahkan bank-bank Indonesia sudah membentuk departemen khusus ESG dan mereka juga punya dana yang bisa dikucurkan. Tapi perusahaan-perusahaan belum siap. Setelah mereka memiliki pemahaman dasar (terkait sustainability, red), mereka dapat mulai menggalang green financing dan funding," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Kadin bersama SMU dan Anchorage Indonesia meluncurkan program pelatihan Commodity Trade Finance. Anchorage Indonesia sebelumnya sudah bekerja sama dengan PT Bank Mandiri Tbk untuk pelatihan commodity trade finance. "Pada waktu itu, kami mengadakan pelatihan selama lima hari untuk pelatihan bankir Bank Mandiri. Pelatihan waktu itu membahas bagaimana mereka sebagai bank memediasi pedagang internasional, termasuk mengidentifikasi potential fraud hingga membaca perjanjian perdagangan dengan mitra usaha. Kami melihat ini cukup sukses dan kami ingin menghadirkan juga kepada bank-bank lain," jelas Budi.

Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan Kadin Adi Mahfudz Wuhadji menjelaskan pihaknya menyambut baik kerja sama ini. "Kadin di bidang ketenagakerjaan sangat menyambut baik kerja sama. Bidang ketenagakerjaan ini sangat luas baik dari masalah hulu terkait sertifikasi, kompetensi, vokasi, upskilling dan seterusnya. Tetapi juga hilir ketenagakerjaan dari segi upah dan kesejahteraan itu juga kita perlu pikirkan bersama," jelas Adi. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kadin Gandeng SMU dan Anchorage Luncurkan Pelatihan ESG. Please share...!

Back To Top