Kadin: Pentingnya Regulasi Kondusif untuk Transisi Energi

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid di kegiatan Indonesia Net Zero Summit 2022 di Bali, Jumat 11 November 2022


BALI (IndonesiaTerkini.com)- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menegaskan regulasi yang kondusif penting untuk mendorong transisi energi di dunia usaha.

“Komitmen net zero emission itu lebih dari sekedar janji,” ucap Arsjad di Indonesia Net Zero Summit 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center, Jumat (11/11/2022).

“Kita harus mengubah cara kita menjalankan bisnis, menantang diri untuk meninggalkan kenyamanan business as usual. Tapi kita semua tahu perubahan-perubahan tersebut tidak mungkin terjadi tanpa adanya regulasi yang kondusif,” imbuh Arsjad.

Regulasi kondusif yang dimaksud di antaranya berupa regulasi yang memungkinkan energi terbarukan dapat diakses oleh industri. "Serta (regulasi, red) yang mewajibkan perusahaan untuk membuat laporan keberlanjutan (sustainability reporting). Ini akan membuka jalan bagi sustainability-linked funds agar lebih tersedia di Indonesia. Selain regulasi, kita juga membutuhkan solusi energi bersih untuk menurunkan emisi dan pendanaan untuk me-cover investasi yang dibutuhkan untuk dekarbonisasi industri," jelas Arsjad.

Di acara yang sama, Arsjad menekankan pentingnya nilai gotong royong dalam upaya transisi energi. Setiap negara itu punya kelemahan, apalagi negara berkembang yang sumber dayanya terbatas. Kita harus menanam nilai gotong royong dan Bhinneka Tunggal Ika untuk memastikan transisi yang tidak meninggalkan siapa pun. Jalan menuju net zero tidak mudah. Bersama-sama, kita lebih kuat menghadapi tantangan global. Bersama-sama, kita lebih tangguh menghadapi krisis global. Dalam rangka mendorong transisi energi di dunia usaha, Kadin telah membentuk Net Zero Hub. Platform ini mendorong sektor swasta RI agar berkomitmen mencapai emisi nol bersih paling lambat tahun 2060, sesuai dengan target pemerintah. Saat ini, lebih dari 50 perusahaan telah bergabung dengan Kadin Net Zero Hub. "Kadin Net Zero Hub menyediakan technical assistance untuk perusahaan yang berkomitmen net zero dan melakukan dekarbonisasi sesuai standar science-based targets initiative (SBTI),” tutup Arsjad.

Sebagai informasi, Indonesia Net Zero Summit 2022 merupakan side event dari perhelatan B-20 Summit. Adapun B-20 Summit akan berlangsung selama 13-14 November 2022. Forum pengusaha dunia ini direncanakan akan dihadiri oleh sejumlah CEO perusahaan ternama, termasuk CEO Tesla dan Twitter Elon Musk. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kadin: Pentingnya Regulasi Kondusif untuk Transisi Energi. Please share...!

Back To Top