Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

Direktur Utama PPA Yadi Jaya Ruchandi dalam acara konferensi pers Lokananta Reload, di Solo, Minggu, 27 November 2022


SURAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian BUMN melalui PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding Danareksa bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta berkomitmen membangkitkan kembali Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956.

Direktur Utama PPA, Yadi Jaya Ruchamdi menjelaskan, Lokananta ke depan akan menjadi sentra kreativitas serta creative and commercial hub bagi para musisi, seniman, serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sekaligus menjadi destinasi wisata edukatif bagi masyarakat. "Kementerian BUMN, ekosistem BUMN, bersama Pemkot Surakarta mendukung revitalisasi Lokananta untuk menjadi creative and commercial hub bagi para musisi, seniman, dan UMKM lokal sehingga dapat memberikan dampak sosial, pertumbuhan ekonomi, dan pelestarian budaya Indonesia," ungkap Yadi Jaya Rachmadi di Solo, Minggu (27/11/2022).

Adapun PPA sebagai bagian dari Holding BUMN Danareksa mendapatkan amanat dari Menteri BUMN untuk merevitalisasi dan mengembangkan Lokananta yang merupakan aset milik Perum PNRI. "PPA berkolaborasi dengan PT Indah Karya (Persero) sebagai konsultan perencanaan, kontraktor PP Urban, arsitek Andramatin, dan M Bloc Group sebagai operator untuk bersama-sama merevitalisasi aset Lokananta," tuturnya.

Secara rinci, Lokananta nantinya akan memiliki 5 pilar bisnis, yaitu area pertunjukan amphitheater dan studio rekaman Lokananta Record, museum dan arsip, merchandise dan pengelolaan kekayaan intelektual intellectual property, galeri UMKM, serta sentra kuliner. "Kelima pilar bisnis ini akan menjadikan Lokananta sebagai creative and commercial hub yang memberikan ruang kreativitas bagi para musisi, menyediakan panggung pertunjukan musik, dan menjadi etalase bagi UMKM lokal untuk memasarkan produk-produknya,” papar Yadi.

Yadi sendiri tidak menjelaskan secara rinci jumlah capex atau modal usaha untuk revitalisasi Lokananta. Namun, Yadi menerangkan, ingin membangun bisnis yang komersial dan kreatif dengan studi kelyakan yang cukup dalam dari potensi sponsor, kemampuan dalam membayar, sehingga bisa di sesuaikan jumlah investasi yang harus dikeluarkan.

Sementara, Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Arisudono Soerono mengatakan, Holding Danareksa berkomitmen mendukung transformasi Lokananta untuk kemajuan industri kreatif. Selain itu, PPA sebagai pilar restrukturisasi di Holding BUMN Danareksa telah melakukan tahapan persiapan untuk memastikan revitalisasi dan pengembangan Lokananta dapat berjalan baik dan tetap mengedepankan tata kelola yang baik. "Kami berharap Lokananta akan menjadi salah satu destinasi wisata seni yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Surakarta, khususnya musisi dan UMKM lokal, serta masyarakat sekitar," ungkap Arisudono. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM. Please share...!

Back To Top