MORA Gandeng Mitsui Garap 860 Site Telekomunikasi Rp 2,6 Triliun

Garap mega proyek senilai Rp 2,64 triliun, PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo bentuk joint venture (JV) dengan perusahaan asal Jepang Mitsui and Co Ltd


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Garap mega proyek senilai Rp 2,64 triliun, emiten infrastruktur telekomunikasi PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) dengan perusahaan Jepang Mitsui & Co Ltd. Dengan JV, perseroan juga akan mengembangkan infrastruktur pasif telekomunikasi lainya. Dalam JV tersebut, PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) dan Mitsui berkolaborasi dalam technical know-how pembangunan infrastruktur pasif telekomunikasi baik dari segi teknis sipil maupun telekomunikasi. Mitsui akan berkontribusi dalam pengaturan penataan proyek, sedangkan Moratelindo berkontribusi dalam relasi dengan pemerintahan daerah.

VP Corporate Secretary PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) Henry Rizard Rumopa menjelaskan, salah satu proyek yang akan dikerjakan bersama yaitu pembangunan ducting dan menara telekomunikasi sebanyak 860 site di beberapa kota besar di Indonesia. Nilai investasi dari proyek ini diperkirakan mencapai Rp 2,64 triliun atau US$ 170 juta. “Investasi ditargetkan berjalan sampai 2027 dan untuk permodalan akan kami suntik secara bertahap sesuai kebutuhan, sumber dana selain dari JV bisa dari pinjaman bank,” jelasnya, Rabu (16/11/2022).

Untuk diketahui, MoU tersebut ditandatangani Resi Y Bramani selaku Chief of Strategic Business Office PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) dan Kazuhiro Azuma selaku General Manager, Fourth Dept, Division I (Asia), Infrastructure Projects Business Unit Mitsui. Penandatanganan MoU juga disaksikan oleh Direktur Utama PT Mitsui Indonesia Shinichi Kikuchihara dan Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) Galumbang Menak.

Henry melanjutkan, komposisi dalam JV PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) sebesar 51% dan Mitsui sebesar 49%. Dengan hadirnya Mitsui, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perseroan. Selain memperluas ekspansi bisnis, kolaborasi diharapkan meningkatkan kualitas ekosistem layanan telekomunikasi dan digital yang berkelanjutan, serta mewujudkan smart city yang estetis guna menciptakan lingkungan kota tertata dan bersih dari kabel optik di udara. “Selain itu, mendorong persebaran infrastruktur telekomunikasi kota yang merata,” ujarnya.

Sebagai informasi, Mitsui adalah perusahaan perdagangan dan investasi global berkedudukan di Tokyo, Jepang dengan bisnis yang terdiversifikasi di 63 negara di Asia, Eropa, Utara, Tengah dan Amerika Selatan, Timur Tengah, Afrika dan Oceania, dengan total aset US$ 122,3 miliar pada 31 Maret 2022. Hingga kuartal III 2022, PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) berhasil mengantongi kenaikan laba bersih 17% menjadi Rp 584 miliar dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya Rp 498 miliar. Meningkatnya laba ini sejalan dengan pendapatan Rp 34 triliun naik 13% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 2,9 triliun. Dengan demikian, perseroan membukukan EBITDA sebesar Rp 1,7 triliun naik 11% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1,5 triliun.

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) berhasil merealisasikan capex atau belanja modal sebesar 70% hingga Oktober 2022 dari total yang dianggarkan yakni Rp 1,4 triliun. Dengan perincian penggunaan untuk pengembangan bakcbone, penambahan kapasitas, cutting, produk fiber to home dan data center. “Adapun untuk belanja modal pada tahun depan yang akan dianggarkan yakni sebesar Rp 2 triliun,” pungkasnya. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading MORA Gandeng Mitsui Garap 860 Site Telekomunikasi Rp 2,6 Triliun. Please share...!

Back To Top