Peluang Kembangkan Ekosistem Syariah Lewat Gaya Hidup Halal

Presiden Direktur Prudential Syariah, Omar S Anwar, menjadi narasumber di acara Jogja Halal Fest (JHF) 2022. (Foto: Istimewa)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Presiden Direktur Prudential Syariah, Omar Sjawaldy Anwar mengatakan, gaya hidup halal merupakan peluang besar dalam pengembangan ekosistem industri Syariah.

"Dengan potensi yang menjanjikan tersebut, pengembangan industri halal di Indonesia sangat penting dilakukan guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Omar saat menjadi narasumber di acara Jogja Halal Fest (JHF) 2022, Selasa (8/11/2022).

Pangsa ekonomi syariah dalam perekonomian nasional, menurut Indonesia Halal Markets Report 2021/2022, telah meningkat selama 5 tahun berturut-turut. Sementara, pengeluaran domestik populasi muslim Indonesia untuk produk dan layanan ekonomi halal tercatat mencapai $184 miliar pada tahun 2020, serta diproyeksikan meningkat sebesar 14,96% CAGR untuk mencapai $281,6 miliar pada tahun 2025.

Omar menjelaskan, keterlibatan Prudential Syariah pada Jogja Halal Fest (JHF) 2022, menjadi sebuah sinergisitas yang mampu mewujudkan rantai nilai ekosistem industri Syariah dan gaya hidup halal. "Prudential Syariah berperan sebagai rujukan untuk menambah wawasan dan meningkatkan literasi masyarakat terhadap perkembangan terkini perekonomian syariah,” sambungnya.

Selain berkomitmen melayani dan melindungi lebih dari 500.000 peserta, sebagai market leader, Prudential Syariah juga berkomitmen untuk mengembangkan perekonomian syariah di Indonesia. Prudential Syariah secara konsisten melakukan upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan Syariah. Adapun kanal yang didedikasikan untuk membantu meningkatkan literasi dan inklusi ekonomi Syariah masyarakat Indonesia, serta menjadi medium kolaborasi seputar perekonomian dan keuangan syariah yang diinisiasi oleh Prudential Syariah, adalah Sharia Knowledge Centre (SKC).

SKC memiliki pilar informasi, literasi, inovasi, dan kolaborasi, dan dibagi menjadi empat kanal penting, yaitu; Edukasi, Regulasi dan Data, Penelitian dan Pengembangan, serta Bincang Syariah. Bertujuan untuk mendorong terbentuknya ekosistem yang bisa membuat jaringan ekonomi keuangan dan syariah menjadi lebih efisien dan efektif, penyelenggaraan kali kedua Jogja Halal Fest menyuguhkan pelaku usaha halal dari berbagai industri di Indonesia, di antaranya industri properti, makanan, fesyen, pendidikan, dan finansial.

“Kami akan terus berupaya menjadi salah satu kontributor dalam mewujudkan ekonomi syariah sebagai mesin penting pertumbuhan ekonomi Indonesia yang selaras dengan visi Indonesia Maju 2045 dan membawa Indonesia sebagai global hub ekonomi Islam pada tahun 2024. Melalui konsistensi dan komitmen yang kami lakukan di berbagai kegiatan dan kesempatan, harapannya mampu menjadikan Indonesia tidak semata-mata sebagai panutan, namun rumah bagi pasar ekonomi halal domestik terbesar di dunia,” tutup Omar. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Peluang Kembangkan Ekosistem Syariah Lewat Gaya Hidup Halal. Please share...!

Back To Top