Penerapan Pola Asuh dan Gizi yang Tepat Harus Sesuai Usia

Seminar sehat yang digelar RS Rapha Theresia Jambi. (Foto: istimewa)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Orang tua dituntut untuk menerapkan Mindful Parenting, membangun kepercayaan, dan menyesuaikan pola asuh dengan mengikuti perkembangan anak di setiap kelompok usia. Setiap anak yang dilahirkan selalu terikat dua aspek yang membentuknya, yaitu nature atau faktor genetik, serta nurture atau faktor lingkungan.

Rahajeng Ikawahyu, M.Psi, Psikolog spesialis penanganan trauma mengatakan penelitian menunjukkan bahwa selain kondisi fisik, hormon stress juga akan diturunkan secara genetik kepada anak. "Jadi kalau orang tuanya punya gangguan kecemasan, depresi, atau stress, anak yang dilahirkannya juga akan mewarisinya. Di sinilah faktor lingkungan yang baik akan berperan penting untuk membentuk dan memperbaiki kondisi anak," jelas Rahajeng Ikawahyu dalam seminar menyambut Hari Kesehatan Nasional 2022 di RS Rapha Theresia Jambi.

Ika juga menyampaikan bahwa gadget juga termasuk faktor lingkungan, sebab gadget akan membuka pintu bagi anak untuk menjelajahi seluruh dunia. "Namun gadget tidak perlu dimusuhi, justru sebaliknya kita perlu pelajari dan siapkan batasan dunia gadget yang aman bagi anak kita. Selain itu penting bagi orang tua untuk menilai kesiapan anaknya, serta memberikan pendampingan yang tepat saat anak mulai mengenal gadget,” lanjutnya.

Ditambahkan Ika bahwa menjadi orangtua memang tidak ada sekolahnya, dan pasti akan melalui proses Trial and Error, namun sesungguhnya tidak ada hal yang tidak bisa diperbaiki. "Yang perlu diingat adalah bila melakukan kesalahan, harus segera diperbaiki dan jangan dibiarkan," tambahnya.

Lebih lanjut dr Marcia Marimba, direktur utama Rumah Sakit,berharap dapat menghasilkan generasi anak-anak Jambi yang mencapai kesehatan yang sejati. "Sehat sejati di sini bukan hanya secara fisik ya, namun juga kesehatan psikologis yang seringkali kurang diperhatikan. Padahal keseimbangan antara keduanya sangat penting, untuk memastikan anak dapat bertumbuh menjadi remaja dan dewasa yang tangguh dan berkarakter di masa depan, apalagi di era internet, teknologi dan hiperkompetisi seperti sekarang,” ujar dr Marcia. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Penerapan Pola Asuh dan Gizi yang Tepat Harus Sesuai Usia. Please share...!

Back To Top