Pentingnya Asupan Makanan Bergizi dan Sehat

webinar dalam rangka Hari Pangan Sedunia 2022 yang diselenggarakan oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Makanan sehat dan bergizi dalam keluarga seharusnya menjadi prioritas orangtua, karena sejatinya, makanan sehat dan bergizi merupakan investasi jangka panjang bagi anak, memperoleh nutrisi optimal untuk tumbuh kembangnya.

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2020 dari Badan Pusat Statistik menyebutkan, anak-anak Indonesia masih mengalami kerawanan akses terhadap makanan sehari-hari. Kondisi tersebut diperparah dengan kenaikan harga bahan pokok dan pangan, imbas dari inflasi dan kenaikan BBM, sehingga daya beli masyarakat terhadap bahan pangan, khususnya protein hewani berkurang. Jika masyarakat sulit mengakses makanan bergizi, angka stunting di Indonesia akan sulit diturunkan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, negara-negara dengan kondisi ekonomi baik memiliki nilai yang tinggi pada status kesehatan setiap individunya. Data tahun 2018 dari organisasi itu juga menyebut, angka kematian lebih tinggi di negara berpenghasilan rendah.

Pakar ekonomi kesehatan dari Ikatan Ekonomi Kesehatan Indonesia Mutia A. Sayekti S.Gz., MHEcon pada webinar dalam rangka Hari Pangan Sedunia 2022 yang diselenggarakan oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia mengatakan bahwa malnutrisi atau permasalahan gizi sering dikaitkan dengan status ekonomi. "Ketahanan pangan dapat tercapai apabila setiap saat semua orang memiliki akses terhadap makanan yang cukup, aman, bergizi, sesuai kebutuhan diet untuk mencapai hidup sehat dan produktif,” ujarnya.

Dalam skala rumah tangga, dia melanjutkan, ketahanan pangan dapat dimulai dengan memastikan keluarga mengkonsumsi gizi seimbang yang dapat diterapkan dalam beberapa langkah seperti berkomitmen untuk hidup sehat sesuai dengan kemampuan, merencanakan menu per-minggu dengan konsep isi piringku, mempertimbangkan konsumsi makan anak di luar rumah, serta meningkatkan literasi keluarga terhadap kebutuhan nutrisi dan khususnya membuat anggaran khusus belanja bahan makanan. "Orangtua dapat membuat skala prioritas dalam pengeluaran belanja, dengan mengutamakan kebutuhan yang esensial seperti pangan sehat dan bergizi untuk anak-anak mereka,” tambah Mutia. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Pentingnya Asupan Makanan Bergizi dan Sehat. Please share...!

Back To Top