Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

Enjang Ramdani Yayasan Pesona Walahar Kreatif


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022. Pada rangkaian acara ajang balap lari tersebut, Pertamina memberikan bantuan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) untuk 25 desa energi berdikari senilai Rp 5,6 miliar.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan dana senilai miliaran rupiah itu nantinya didedikasikan untuk membangun 25 desa di 12 provinsi. "Nanti dari semua dana yang terkumpul, ditambah lagi dari Pertamina, kita akan dedikasikan dana ini untuk membangun 25 desa energi mandiri di 12 provinsi,” kata Nicke dalam sambutannya pada acara Pertamina Eco Run Fest 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Bantuan tersebut untuk mengoptimalkan sumber energi, termasuk kemandirian yang ada di desa masing-masing. Dengan begitu, elain mengidentifikasi, pihaknya juga membantu dan membina. "Jadi dananya kita berikan, sehingga kita berharap konsep kemandirian ini bisa mulai dari desa-desa,” ucapnya.

Nicke mengungkapkan pihaknya membantu desa-desa tersebut untuk membangun apa pun sumber energi yang ada, sehingga desa itu bisa mandiri. Salah contohnya, yakni desa yang belum terkoneksi dengan listrik. Pihaknya akan melihat potensi adanya matahari dan biogas dari sampah bioma. "Jadi, banyak sekali, termasuk nanti yang akan mewakili ini adalah desa yang betul-betul terdampak ketika pandemi. Kemudian yang terkena lay off dan sebagainya kita membuat eco living di situ dengan memaksimalkan sumber daya yang ada dan sumber daya manusia yang ada, sehingga mereka kemudian sekarang sudah bisa mandiri, macam-macam mereka buat di situ,” tuturnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari. Please share...!

Back To Top