Upaya Bank Mandiri Jadikan Livin Urban Locomotive

Thomas Wahyudi, Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales PT Bank Mandiri (Persero) Tbk


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Tren digitalisasi yang semakin meningkat sejak beberapa tahun terakhir menjadi tonggak perusahaan untuk berbenah. Apalagi ditambah pandemi Covid-19 yang mendorong perusahaan meluncurkan inovasi layanan berbasis digital. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengambil langkah taktis dengan merilis super app Livin’ by Mandiri sebagai respons dari perubahan tersebut. Peluncuran super apps ini juga merupakan strategi jangka panjang perseroan untuk terus bertransformasi sebagai bentuk ekspansi bank Mandiri ke depan, era revolusi industri 4.0.

Thomas Wahyudi, Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam paparannya pada webinar 'Konferensi Merek Asli Indonesia 2022: Strategi Berjaya di Negeri Sendiri dan Sukses di Mancanegara', mengatakan bahwa ada tiga lompatan yang menjadikan Livin’ by Mandiri sebagai super app. Pertama, comprehensive banking experince, semua fungsi perbankan telah dipindahkan ke Livin' seperti misalnya pembukaan rekening, akun tabungan, pinjaman, tarik tunai, hingga QR Payment. Kedua, full suit financial. "Bank Mandiri adalah konglomerasi perusahaan financial, sehingga kami ingin mengintegrasikan seluruh kebutuhan finansial dalam satu aplikasi," kata Thomas.

Kebutuhan financial yang dimaksud di awal meliputi cicilan motor dan mobil, hingga asuransi. Ketiga, open ecosystem. Dalam hal ini, perseroan berkomitmen untuk berkolaborasi dengan eksosistem digital yang menjadi favorit nasabah dalam bertransaksi sehari-hari mereka. Kami masuk ke dalam lifestyle karena kami ingin menjadi urban locomotive dan masuk ke dalam sirkel nasabah setiap hari saat mereka berbelanja, bekerja, hingga belajar. Oleh karena itu, Bank Mandiri terbuka dalam berkolaborasi dengan ekosistem apapun yang ada di market hari ini. Sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin' by Mandiri telah diunduh sebanyak 19 juta kali dengan pengguna aktif sebanyak 15 juta.

Bersamaan dengan itu, perusahaan BUMN yang digawangi oleh Darmawan Junaidi tersebut juga meluncurkan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri untuk segmen korporat. Per Oktober 2022, Kopra telah menarik pengguna sebanyak 68 ribu. "Setiap waktu, kami selalu menambahkan fitur baru di Livin'. Per Oktober 2022, kami telah memiliki 61 fitur dan akan bertambah menjadi 68 fitur hingga akhir tahun 2022," ujarnya. Fitur yang ditanam di dalam aplikasi Livin' akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan nasabah. Salah satu inovasi yang diluncurkan sebagai respon dari kebutuhan tersebut adalah Livin' Investasi yang telah disematkan sejak 6 bulan lalu. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Upaya Bank Mandiri Jadikan Livin Urban Locomotive. Please share...!

Back To Top