Ini Kesiapan Jalan Tol Astra Infra Hadapi Libur Nataru

Group COO Astra Infra Kris Ade Sudiyono dalam konferensi pers kesiapan Astra Infra menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang digelar secara hybrid, 13 Desember 2022


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Menghadapi momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Astra Infra melalui delapan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyiapkan petugas khusus atau satuan tugas (Satgas) Nataru yang berjumlah lebih dari 1.300 personel yang telah kick off secara nasional.

Group COO Astra Infra, Kris Ade Sudiyono, mengatakan untuk layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan total 35 armada polisi jalan raya (PJR), 48 armada derek,10 kendaraan rescue dan 20 ambulans. Adapun delapan BUJT yang dioperasikan Astra Infra yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Kunciran-Serpong dan Kebon Jeruk-Ulujami. "Pada momen Natal dan Tahun Baru 2022, Astra Infra telah menyiapkan dukungan teknologi yang memfokuskan pada kemudahan akses informasi untuk publik dan live report di lokasi-lokasi strategis tol Astra Infra serta memonitor seluruh area dengan teknologi surveillance selama 24 jam. Tim support akan bereaksi berdasarkan pantauan teknologi tersebut," kata Kris, Selasa (13/12/2022).

Kris menambahkan, Astra Infra juga memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik dan dilengkapi dengan infrastruktur dan keamanan seperti speed reducer, variable message sign (VMS), lampu strobe, WIM (Weigh-in-motion), LiDAR (light detection ranging) hingga ANPRR (auto numbering plat recognition). Selain itu, juga telah dilaksanakan penambahan 95 titik analytics camera sehingga sebanyak total 756 closed-circuit television (CCTV) tersedia di jalan tol Astra Infra. Astra Infra juga mengembangkan inovasi teknologi aplikasi mobile Info Tol Astra Infra. Aplikasi ini memberikan akses real time CCTV kepada publik yang ingin mengetahui kondisi traffic terkini di ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto. Selain itu, inovasi ramah lingkungan terus diakukan. Mulai dari inovasi digitalisasi seperti penerapan digital struk yang sudah tersedia bagi penggunan jalan tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto, inovasi solar cell yang memanfaatkan energi baru terbarukan hingga rejuvinasi di sejumlah rest area. "Peningkatan pelayanan kami selaras dengan nilai-nilai ESG yang manfaatnya tidak hanya akan kita rasakan dalam waktu dekat, namun berkelanjutan hingga masa mendatang. Beberapa di antaranya adalah digitalisasi dan rejuvinasi rest area," ujar Kris.

Dalam kesempatan ini, Kris juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang telah terpasang. Batas kecepatan maksimal di dalam tol 100 km/jam dan batas kecepatan minimum 60 km/jam. "Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama saat kondisi hujan dengan batas kecepatan maksimal 70 km/jam. Periksa kendaraan sebelum digunakan, jaga tubuh tetap fit dan tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara," pesannya. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Ini Kesiapan Jalan Tol Astra Infra Hadapi Libur Nataru. Please share...!

Back To Top