IWIP Kerja Sama Investasi Inklusif dan Berkelanjutan dengan UMKM

PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), pengelola Kawasan Industri terpadu di Kabupaten Halmahera Tengah menjadi satu dari delapan usaha besar yang turut menandatangani kontrak kerja sama dengan para pelaku UMKM di daerah, yang difasilitasi oleh Kementerian Investasi/BKPM


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), pengelola Kawasan Industri terpadu di Kabupaten Halmahera Tengah menjadi satu dari delapan usaha besar yang turut menandatangani kontrak kerja sama dengan para pelaku UMKM di daerah, yang difasilitasi oleh Kementerian Investasi/BKPM.

Kerja sama ini dijalin IWIP dalam kegiatan Forum Kemitraan Investasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/BKP. Selama 2 tahun terakhir, IWIP telah melakukan kolaborasi dengan para pelaku UMKM di Provinsi Maluku Utara. Sebanyak 45 UMKM yang bergerak di bidang pengadaan bahan makanan, bahan bakar minyak (BBM), gas industri, jasa perbaikan maintenance, supplier kayu dan obat-obatan, dengan total realisasi lebih dari Rp 700 miliar. Selain itu IWIP juga menerima piagam penghargaan dari Kementerian Investasi/BKPM, atas partisipasi perusahaan dalam melakukan penandatanganan kontrak kerjasama kemitraan dengan UMKM di daerah.

Deputi Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Yuliot mengatakan penyelenggaraan kegiatan forum kemitraan investasi diharapkan dapat mewujudkan pemerataan, baik kesempatan maupun mendorong pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah di daerah.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia secara virtual menyampaikan bahwa pada tahun 1998, kontribusi UMKM terhadap negara luar biasa, disaat sedang krisis ekonomi defisit ekonomi di angka 13%, inflasi 88% serta cadangan devisa US$ 17 miliar. "Tak hanya para pengusaha besar, UMKM juga berperan penting dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional saat itu. Untuk itu, Kementerian Investasi sangat berkomitmen untuk membantu para pengusaha, termasuk pelaku UMKM di daerah,” tutur Bahlil, Kamis (29/12/2022).

Indonesia Weda Bay Industrial Park sebagai proyek strategis nasional (PSN) berkomitmen untuk mendukung program Kemenaker dalam pengembangan kesempatan kerja dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya di berbagai sektor pendukung Kawasan Industri Weda Bay. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading IWIP Kerja Sama Investasi Inklusif dan Berkelanjutan dengan UMKM. Please share...!

Back To Top