KAI Pastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif KA saat Libur Nataru

Penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. (Foto: istimewa)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta menyiapkan 736.406 tiket KA jarak jauh di masa angkutan libur nataru (natal dan tahun baru). KAI juga menegaskan, tidak ada kenaikan harga tiket kereta api yang ditetapkan.

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus menjelaskan, harga tiket kereta komersial bersifat fluktuatif, menyesuaikan dengan demand (permintaan) dari pelanggan. "Meskipun tiket dijual pada masa angkutan libur nataru, yang terhitung dari keberangkatan tanggal 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, harga tiket akan selalu berada di rentang tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA) masing-masing tujuan yang telah ditetapkan," jelas Joni, Selasa (20/12/2022).

Kepala Humas PT KAI Daop I Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan setelah dibuka pemesanan sejak H-45 masa liburan natal dan tahun baru, sebanyak 234.546 tiket telah terjual per 20 Desember 2022, untuk periode keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023. Jumlah ini diperkirakan masih akan terus meningkat mengingat penjualan tiket secara daring dan secara langsung di stasiun asal masih dibuka. Destinasi favorit para penumpang antara lain adalah Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, Surabaya, Malang, dan Madiun.

Eva menyebut tingginya angka penjualan tiket sejalan dengan proyeksi jumlah penumpang di libur natal dan tahun baru 2022 yang diprediksi meningkat 10 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021. Pada H-5 hari raya natal (20/12/2022), tercatat 10.018 penumpang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. Sementara itu, puncak volume penumpang di Stasiun Pasar Senen diprediksi jatuh pada 23 Desember 2022 dengan volume penumpang mencapai 31.000 orang. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, sebanyak 51 kereta tambahan per hari telah disiapkan oleh PT KAI.

PT KAI merilis aturan baru syarat perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Mulai Senin, 19 Desember 2022, penumpang kereta api berusia 6-12 tahun yang belum vaksin diperbolehkan naik kereta api, dengan syarat dapat menunjukkan surat keterangan alasan belum vaksinasi dari puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Penumpang berusia 6-12 tahun yang belum vaksin juga harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksin booster.

Sementara untuk penumpang berusia 13-17 tahun, syarat perjalanan menggunakan kereta api ialah penumpang sudah mendapatkan dosis vaksin kedua. Apabila belum divaksin dengan alasan medis, penumpang wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah. Untuk penumpang berusia di atas 18 tahun, penumpang harus sudah mendapatkan vaksin ketiga atau booster. Penumpang tidak dapat menggunakan hasil PCR atau antigen sebagai pengganti bukti vaksin ketiga. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading KAI Pastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif KA saat Libur Nataru. Please share...!

Back To Top