Teknologi GeoAI Bantu Kementerian PUPR Percepat Ambil Keputusan

Teknologi GeoAI


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kepala Pusat Data dan Informasi Teknologi (Pusdatin) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nazib Faizal menyebut pemanfaatan teknologi GeoAI membantu pihaknya mempercepat proses pengambilan keputusan sebagai pertimbangan dalam membuat kebijakan.

“Implementasi GeoAI di Kementerian PUPR sangat signifikan. GeoAI adalah kebutuhan masa depan untuk pengambilan keputusan dengan basis data yang akurat sehingga eksekusi kebijakan bisa tepat sasaran menggunakan parameter-parameter dan data yang cukup valid serta terintegrasi,” kata Nazib dalam acara GeoAI Summit 2022.

Dia mencontohkan, dalam kasus gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, hal pertama yang dilakukan Kementerian PUPR adalah melakukan monitoring dengan pemanfaatan GeoAI. Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk menentukan titik-titik lokasi dan bangunan yang mengalami kerusakan parah sehingga ada skala prioritas untuk diberikan bantuan secara langsung. "Karena otak kita terbatas dalam mengolah data, maka kita butuh GeoAI. Kementerian PUPR sudah membangun simpul jaringan berbasis GeoAI,” ucap Nazib.

Sementara itu, Kepala Departemen Lalu Lintas dan Sekuriti Astra Tol Cipali Prayogi Setyo Pratomo mengatakan pihaknya memanfaatkan GeoAI untuk memodernisasi manajemen aset infrastruktur jalan tol. Salah satunya dengan memasang lebih dari 250 CCTV sepanjang 116,75 km Tol Cipali yang dapat dimonitor secara real time di Pusat Komando. "Kami berinovasi dalam monitoring jalan tol berbasis data GeoAI sebagai komitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. GeoAI membantu response time dengan akurat dan efisien dalam menemukan titik jika terjadi kecelakaan di sepanjang jalan Tol Cipali,” kata Prayogi.

GeoAI Summit 2022 diprakarsai oleh Esri Indonesia, sebagai bagian dari Esri global yang merupakan pelopor sekaligus perusahaan penyedia perangkat lunak dan solusi berbasis sistem infomasi geografis.

Menurut Country Manager Esri Indonesia Christanto Yanuar, banyak perusahaan yang menawarkan solusi kecerdasan artifisial (AI). Namun, menggabungkan kecerdasan lokasi seperti data dan informasi geografis dengan AI disebutnya sebagai nilai tambah yang ditawarkan Esri Indonesia. "Di acara GeoAI Summit 2022, dapat dilihat banyak sekali pemanfaatan GeoAI di berbagai institusi dan industri. Kemampuan mendeteksi objek, menemukan pola dan membuat prediksi, dapat dilihat dan diakses melalui dashboard kapan saja, di mana saja," kata Christanto. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Teknologi GeoAI Bantu Kementerian PUPR Percepat Ambil Keputusan. Please share...!

Back To Top