#AyoBikinNyata: Asah Kreatifitas Karyawan Telkom Group untuk Hadirkan Inovasi Digital yang Berkelanjutan

Salah satu tim #Ayobikinnyata dengan inovasi terbaik pada kategori lingkungan, Daur Bikin Makmur, berkolaborasi dengan masyarakat di Magelang untuk mengimplementasikan dashboard digital pengolahan sampah


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Selaras dengan arahan Menteri BUMN RI untuk memfokuskan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan kepada tiga tujuan yakni, pendidikan, lingkungan hidup, dan pengembangan UMKM, PT Tekom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalankan program #Ayobikinnyata bagi seluruh karyawan untuk dapat menyalurkan rasa kepedulian serta keinginannya untuk berkontribusi pada lingkungan sosial dan masyarakat. #Ayobikinnyata merupakan program internal employee berbasis partisipasi sosial masyarakat untuk membuat perubahan nyata dan kebermanfaatan di lingkungan sosial masyarakat dalam bentuk kompetisi yang menghasilkan inovasi digital dari partisipasi karyawan TelkomGroup.

SGM Community Development Center Telkom Hery Susanto, mengatakan “Program #Ayobikinnyata sejatinya mengasah kepekaan bagi kami, karyawan TelkomGroup untuk lebih peduli terhadap masalah yang ada di lingkungan sosial yang kemudian mengarah pada terbentuknya inovasi digital dan pemecahan masalah. Untuk itu, program ini akan terus berlanjut dan memperoleh lebih banyak lagi partisipasi dari karyawan,” ujar Hary.

Berjalan empat tahun penyelenggaraan, program #Ayobikinnyata telah melahirkan beragam inovasi yang terbagi menjadi empat fokus kategori yaitu, sosial berkelanjutan, pemberdayaan komunitas, pelestarian lingkungan, dan ekonomi masyarakat. Setiap karyawan dapat berpartisipasi dengan mengirimkan proposal inovasi yang dapat mensolusikan permasalahan sosial di lingkungan sekitar baik secara individu maupun berkelompok. Hingga saat ini tercatat sebanyak lebih dari 1000 karyawan TelkomGroup di seluruh Indonesia dengan lebih dari 500 ide kreatif yang dituangkan melalui solusi digital.

Proposal inovasi yang diikutsertakan pada program #Ayobikinnyata melalui beberapa tahapan untuk menentukan ide terbaik. Partisipan akan diminta untuk mengirimkan proposalnya melalui Ideabox yang kemudian memberikan video presentasi singkat mengenai objektif inovasi yang dimiliki. Selanjutnya akan terpilih Top 12 inovasi melalui tahapan on desk verification dan proses seleksi lanjutan hingga menemukan pemenang Top 3 inovasi pada setiap kategori. Tiga inovasi terbaik dari masing-masing kategori yang telah ditentukan melalui penilaian kemudian akan mendapatkan pendanaan dari Telkom untuk merealisasikan inovasi mereka dan mengembangkannya secara berkelanjutan.

Para karyawan dengan inovasi terbaik yang berhasil memperoleh pendanaan atas ide kreatifnya berhak terjun langsung di tengah masyarakat untuk dapat mengaplikasikan inovasi digital yang dibuat serta senantiasa mengukur dan mengevaluasi keberhasilan dalam pengaplikasiannya. “Diharapkan program #Ayobikinnyata dapat membentuk karyawan TelkomGroup terutama generasi muda penerus yang memiliki rasa sosial yang tinggi, aktif, kreatif, serta kemauan untuk menghasilkan inovasi digital terbaik yang membawa perubahan nyata untuk Indonesia,” tutup Hary. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading #AyoBikinNyata: Asah Kreatifitas Karyawan Telkom Group untuk Hadirkan Inovasi Digital yang Berkelanjutan. Please share...!

Back To Top