Pengguna Dompet Digital DANA Lampaui 135 Juta di 2022

CEO dan Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara dalam acara Media Gathering di Kantor DANA, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perusahaan penyedia layanan dompet digital DANA Indonesia menutup tahun 2022 dengan capaian positif, dimana jumlah pengguna tercatat mencapai lebih dari 135 juta atau tumbuh 42% year on year (yoy). Tahun ini, perseroan fokus memperkaya layanan baru, mulai dari pembiayaan, investasi, sampai asuransi.

CEO dan Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara menyampaikan, jumlah pengguna bertambah sebanyak 40 juta dari sebelumnya sebanyak 95 juta. Selain itu, jumlah transaksi juga ikut tumbuh sebesar 150% (yoy). "Pertumbuhan dari user dompet digital sendiri, kita tumbuh lebih dari 42%. User kami tidak hanya makin bertambah, tapi jumlah nilai transaksinya juga bertambah. Jadi overall pertumbuhan dompet digital kami sehat dan pesat di dua tahun terakhir," beber Vince, Rabu (25/1/2023).

Vince menerangkan, pertumbuhan pengguna dompet digital secara organik. Penambahan jumlah pengguna berasal tidak hanya di kota-kota besar, melainkan cukup banyak di daerah-daerah lainnya. Hal ini sekaligus menunjukkan efektivitas dari layanan pembayaran dari dompet digital dalam rangka mendukung inklusi keuangan. "Pengguna dompet digital kami sudah di luar Jawa, pertumbuhan ini sangat kami banggakan karena tidak hanya di Jawa saja tetapi di luar Jawa juga. Kita di top 20 cities, sudah lebih dari 50%. Jadi kalau kita lihat, kita itu pertumbuhan ke kota tier 2, 3, dan rural itu sangat baik, itu untuk peningkatan inklusi ke masyarakat Indonesia," terang Vince.

Di samping itu, pencapaian positif lain yang dicatatkan DANA yakni pertumbuhan dari online merchant sebesar 57% (yoy). Sementara pertumbuhan offline merchant pun tidak kalah pesat, segmen yang didominasi dari usaha mikro dan kecil ini tumbuh sebesar 44% (yoy) sampai akhir 2022.

Menurut Vince, saat ini baru sekitar 13%-15% transaksi di Indonesia yang dilakukan secara digital. Sementara sisa transaksi lainnya masih dilakukan secara konvensional. "Hal ini menjadi potensi pertumbuhan dari dompet digital di masa mendatang seiring dengan masifnya adopsi transaksi digital di masyarakat," tandasnya.

Vice mengungkapkan, DANA tetap konsisten memprioritaskan aspek keamanan, kenyamanan, kemudahan, dan mendorong inovasi bagi para pengguna. Aspek keamanan DANA telah teruji dengan rasio fraud sampai saat ini sekitar 0,0008%. Tidak hanya di dalam negeri, tingkat keamanan bertransaksi di DANA juga mendapat pengakuan dari berbagai institusi di luar negeri. "Dari aspek kenyamanan, pengalaman pengguna berselancar dalam platformdompet digital DANA terus diperhatikan. Sedangkan dari sisi kemudahan terus ditingkatkan, khususnya untuk memastikan para pengguna dengan latar belakang unbanked dan unbankable dapat mencapai tujuan keuangannya," pungkasnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pengguna Dompet Digital DANA Lampaui 135 Juta di 2022. Please share...!

Back To Top