Donasikan Alat Laboratorium ke ITB, GNi Konsisten Dukung Pengembangan SDM

Perusahaan smelter nikel PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) bekerja sama dengan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (FTTM ITB) menggelar pelatihan dan penelitian di Bidang Pirometalurgi secara online pada 21 Maret 2023


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kontribusi nyata diwujudkan perusahaan smelter nikel PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya di bidang pendidikan. GNI bekerja sama dengan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (FTTM ITB) menggelar pelatihan dan penelitian di Bidang Pirometalurgi. GNI menyadari dengan majunya pendidikan di Indonesia, akan menciptakan SDM yang terampil dan dapat bersaing di dunia kerja. Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan upacara penyerahan simbolis donasi alat laboratorium berupa Benchtop Scanning Electron Microscope (SEM) dari PT GNI kepada FTTM ITB.

SEM merupakan alat yang digunakan untuk mengkaji struktur morfologi permukaan dan cross section suatu bahan serta memberikan informasi terkait komposisi kimia dalam suatu bahan, baik bahan konduktif maupun bahan non konduktif. Kemampuan inilah yang membuat SEM banyak digunakan untuk keperluan penelitian dan industri.

“Atas nama Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan juga MoU yang sudah kita tandatangani bersama antara Fakultas dan PT GNI mudah-mudahan bisa kita implementasikan dan bermanfaat buat semuanya, bermanfaat buat penelitian dan juga bermanfaat buat adik-adik mahasiswa,” ungkap Wakil Dekan Bidang Akademik FTTM ITB Syafrizal, Selasa (21/3/2023).

Syafrizal menambahkan, alat laboratorium ini nantinya selain akan digunakan untuk kegiatan penelitian, juga dapat digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas akhir. "Jadi tadi saya sudah sempat lihat, luar biasa dibandingkan dengan alat yang kami punya kalah jauh. Kalau di ilmu saya perbesaran 1500 itu sudah luar biasa, ternyata alat yang baru ini bisa sampai 20.000 luar biasa sekali. Jadi nanti adik-adik bisa memanfaatkan alat yang ada untuk penelitian dan juga alat ini bisa digunakan untuk tugas akhir mahasiswa," imbuhnya.

Direktur Utama PT GNI Wisma Bharuna mengungkapkan, donasi ini merupakan salah satu bentuk nyata dari program CSR perusahaan. Bharuna menambahkan bahwa PT GNI akan terus berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya di bidang pendidikan. Dengan majunya pendidikan di Indonesia, akan menciptakan SDM yang terampil dan dapat bersaing di dunia kerja. "Selain itu, saya juga berharap kegiatan ini dapat memperkuat hubungan antara PT GNI dan FTTM ITB sehingga dapat terus berkolaborasi dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak serta masyarakat Indonesia," pungkasnya. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Donasikan Alat Laboratorium ke ITB, GNi Konsisten Dukung Pengembangan SDM. Please share...!

Back To Top