Performa Reksa Dana Pendapatan Tetap BRI-MI Prima, Apa Sebabnya?

BRI Manajemen Investasi


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) melaporkan imbal hasil salah satu produknya yaitu Reksa Dana Melati Pendapatan Utama sebesar 8,8%, terhitung dalam periode 1 tahun terakhir per tanggal 24 Juli 2023. Reksa Dana Melati Pendapatan Utama merupakan produk reksadana dengan alokasi asset 93,6% di obligasi dan 6,7% di pasar uang.

Upik Susiyawati selaku Direktur Marketing PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) mengatakan bahwa angka tersebut lebih tinggi sekitar 2.0% dibandingkan kinerja rata-rata Reksa Dana Pendapatan Tetap di Industri, yaitu Infovesta Fixed Income Fund Index sebesar 6.8%. Pencapaian kinerja produk Reksadana Melati Pendapatan Utama menjadi hal positif bagi investor. "Seperti diketahui, saat ini kondisi pasar keuangan secara umum masih berada dalam tren sideways. Kendati demikian, berdasarkan kondisi, pasar obligasi akan bereaksi positif terlebih dahulu akibat perbaikan kondisi makro ekonomi yang akan diikuti positifnya kinerja di IHSG,” katanya, Jumat (4/8/2023).

Hal ini terbukti dari arus masuk investor asing ke aset obligasi mencapai  Rp 91 triliun selama semester 1 tahun 2023 dan tren inflasi yang cenderung melandai. Bank Indonesia juga diperkirakan akan menurunkan suku bunga sebanyak 1x pada akhir tahun 2023. BRI-MI memiliki produk reksa dana pendapatan tetap unggulan yang dapat menjadi pilihan bagi investor untuk melakukan investasi, yaitu Danareksa Melati Pendapatan Utama. Ini merupakan Reksa Dana Pendapatan Tetap berdenominasi rupiah yang memiliki strategi berinvestasi pada obligasi pemerintah dan atau obligasi korporasi dengan rating minimal A. Dengan memanfaatkan kesempatan masuk ke dalam ekosistem BRI yang memiliki cabang di seluruh Indonesia, termasuk di daerah pedesaan dan terpencil, Upik berharap dapat mengoptimalkan distribusi produk dan meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat. "Sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar serta membantu para nasabah untuk mencapai kesejahteraan finansial," katanya.

PT BRI Manajemen Investasi sebelumnya merupakan PT Danareksa Investment Management. BRI-MI pelopor industri reksa dana pertama di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1992. Pada tahun 2022 DIM resmi menjadi anak perusahaan Bank BRI. DIM yang saat ini telah bertransformasi menjadi BRI-MI merupakan manajer investasi yang telah berdiri selama 31 tahun. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Performa Reksa Dana Pendapatan Tetap BRI-MI Prima, Apa Sebabnya?. Please share...!

Back To Top