BI Optimis FESyar Jawa 2023 Bisa Bukukan Transaksi Rp 7,6 Triliun

Doddy Zulverdi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dihadapan awak media usai acara pembukaan FESyar Jawa 2023 di Surabaya, Jumat (29/9/2023)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Bank Indonesia optimis even Festival Ekonomi Syariah (FeSyar) Jawa 2023 bisa membukukan transaksi sebesar Rp 7,6 Triliun dibandingkan kegiatan yang sama tahun lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Doddy Zulverdi, menurutnya target sebesar itu sangat wajar, mengingat ada penambahan perluasan transaksi pembiayaan berbasis syariah, peningkatan penjualan berbasis syariah dan sebagainya. "Pencapaian tahun lalu berhasil membukukan Rp 7 Triliun, jika.sekarang ini kami menargetkan Rp 7,6 Triliun optimis akan tercapai dengan banyaknya dukungan  pembiayaan syariah, penjualan produk halal sepeeti makanan dan minuman, kerajinan dan fesyen serta transaksi lainnya selama rangkaian FeSyar Jawa digelar di beberapa kota dari awal tahun," kata Doddy usai pembukaan Puncak FeSyar Jawa 2023 di Pakuwon Mall Surabaya, Jumat (29/9/2023).

Pada penyelenggaraan tahun ini yang digelar di Pakuwon Mall Surabaya, Bank Indonesia Jawa Timur mengelompokkan program berbasis syariah untuk memudahkan masyarakat mengenali. yakni  kelompok program yakni Pahala, Maslahat dan Insani. Pahala adalah inisiasi halal value chain yang membuat seluruh mata rantai produksi terutama makanan dan minuman dari hulu hingga hilir berbasis syariah. Karenanya BI membuat program sertifikasi di sisi hulu, sertifikasi produknya, bahannya dan sebagainya. Untuk program Maslahat yakni dengan mendorong penguatan pembiayaan berbasis syariah khusus zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf (ziswaf). Program ini untuk memperluas penggunaan sumber-sumber halal yang berbasis syariah. "Makanya ada lelang wakaf, sertifikasi nasir, penguatan kelembagaan ziswaf dan sebagainya," kata Doddy seraya menambahkan untuk program program Insani adalah mendorong terjadinya ekonomi inklusif syariah berbasis digital.

"Caranya dengan memperluas penggunaan instrumen pembayaran digital berbagai kawasan khas seperti kawasan kuliner halal dan sebagainya. Bagaimana UMKM syariah itu bisa memiliki halaman khusus di e-commerce melalui bekerjasama dengan e-commerce besar," tukas Doddy. (dri)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading BI Optimis FESyar Jawa 2023 Bisa Bukukan Transaksi Rp 7,6 Triliun. Please share...!

Back To Top