Kuartal I/2024, Pendapatan Bersih MPMX Tumbuh 3%

Ilustrasi kegiatan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), perusahaan konsumer otomotif dan transportasi di Indonesia mencatat pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 3% YoY dari Rp3,8 triliun menjadi Rp 3,9 triliun pada Kuartal I-2024 dibandingkan  periode yang sama pada tahun lalu. Peningkatan ini didorong oleh peningkatan bisnis sepeda  motor dan perbaikan performa bisnis asuransi.

Imbasnya, laba kotor meningkat sebesar 4% YoY dari Rp335 miliar menjadi Rp347 miliar dan Laba Bersih Perseroan juga meningkat dari Rp131 miliar menjadi Rp 165 miliar sepanjang Kuartal I 2024 atau tumbuh sebesar 26% dan marjin laba bersih turut meningkat dari 3,5%  menjadi 4,2% didorong oleh kinerja bisnis sepeda motor, bisnis asuransi, dan keuntungan dari valuta asing. Demikian keterangan tertulis, Selasa (30/4/2024).

Hingga Kuartal I-2024, segmen operasi Perseroan, yakni bisnis distribusi, ritel dan aftermarket kendaraan roda dua, bisnis asuransi, bisnis penyewaan kendaraan, dan bisnis jasa keuangan, memberikan kontribusi yang beragam. Pada segmen bisnis distribusi, ritel dan aftermarket kendaraan roda dua, MPMX melalui MPMulia berhasil menjaga penjualan sepeda motornya tetap stabil dan posisinya sebagai  pemimpin pasar. Dengan jaringan distribusi yang kuat dan hubungan baik serta jangka panjang dengan diler-diler, MPMulia dapat menekan penurunan volume penjualan sepeda  motor hanya di 3% YoY meskipun terjadi pelambatan atau pelemahan penjualan sepeda motor  nasional yang turun 5% YoY.

Selama 1Q24, pendapatan distribusi MPMX meningkat sebesar 2% YoY dan pendapatan ritel meningkat sebesar 8% YoY. Selain itu pendapatan dari bisnis suku cadang sepeda motor juga mengalami peningkatan sebesar 4% YoY baik distribusi maupun ritel, disebabkan oleh peningkatan volume penjualan suku cadang. Segmen bisnis asuransi MPMInsurance menunjukkan pemulihan dengan mencatat  peningkatan signifikan pada premi bruto sebesar 94% YoY dan peningkatan margin laba kotor  menjadi sekitar 60%. Total premi bruto meningkat sebesar 94% YoY menjadi Rp186 miliar  yang didorong utamanya oleh produk properti. Produk engineering dan marine hull memberikan kontribusi dengan kenaikan sebesar 68% YoY  menjadi Rp34 miliar. Di sisi lain, premi bruto produk kendaraan bermotor turun sebesar 9%  menjadi Rp54 miliar akibat penurunan penjualan otomotif nasional.

Hasilnya, pendapatan bersih meningkat sebesar 5% YoY dari Rp 68 miliar menjadi Rp71 miliar dan laba kotor  meningkat sebesar 19% YoY dari Rp 36 miliar menjadi Rp 43 miliar dengan perbaikan pada  margin laba kotor dari 53,4% menjadi 60,4% yang didorong oleh peningkatan pendapat premi  bersih dan penurunan klaim. Di bisnis penyewaan kendaraan, MPMRent meningkatkan unit yang tersedia untuk disewakan  sebesar 4% YoY menjadi sekitar 14.500 unit dan meningkatkan utilisasi unit sewa dengan  peningkatan unit yang disewakan sebesar 5% YoY menjadi sekitar 13.700 unit. Peningkatan unit yang disewakan pada 1Q24 sebagian besar disumbang oleh mobil penumpang yang meningkat sebesar 9% YoY menjadi sekitar 9.800 unit didorong oleh permintaan yang lebih  tinggi dari layanan keuangan dan institusi pemerintah.

Di sisi lain, total pengemudi menurun  sebesar 2% YoY menjadi sekitar 1.600 pengemudi sebagai bagian dari strategi untuk  meningkatkan profitabilitas pada layanan pengemudi. Di bisnis jasa keuangan, pada 1Q24, pemesanan baru Jaccs MPM Finance Indonesia (JMFI) mengalami penurunan sebesar 23% YoY menjadi Rp 986 miliar terutama disebabkan oleh  penurunan pemesanan baru dari produk kendaraan bermotor. Penurunan pemesanan produk  kendaraan bermotor sesuai dengan pendekatan strategis perusahaan untuk meningkatkan  kualitas aset dengan mengadopsi pendekatan yang lebih hati-hati dalam akuisisi pelanggan. Selain itu, JMFI bertujuan untuk mengoptimalkan operasi bisnisnya dengan melakukan  restrukturisasi pada proses internal. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kuartal I/2024, Pendapatan Bersih MPMX Tumbuh 3%. Please share...!

Back To Top