Pemerintah Targetkan 50 Ribu Mobil Listrik Terjual pada 2024

Mobil listrik DFSK Seres E1 dalam gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pemerintah menargetkan penjualan mobil listrik mencapai 50 ribu unit pada 2024. Target penjualan tersebut dianggap realistis karena ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air kian progresif.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Rachmat Kaimuddin, di sela-sela pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024). “Jadi kita lagi melihat dulu ya karena saat ini kan terjadi perubahan. Banyak barang-barang baru, kalau dari kami mungkin minimum target untuk roda empat 50.000 (unit) tahun 2024,” ujar Rachmat.

Menurut Rachmat, target penjualan tersebut setidaknya meningkat tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya. “Tahun 2023 lalu kayaknya cuma belasan ribu, 16 ribuan (unit). Jadi kita harapkan kalau 50 ribu berarti sudah dapat tiga kali lipat lebih ya,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) sekaligus Kepala Staf Presiden, Moeldoko, optimistis target penjualan mobil listrik tersebut dapat tercapai. “Kenapa berani membuat target seperti itu? Karena dulu pilihannya hanya satu merek saja, sekarang di sini ada puluhan merek. Saya pikir alasannya di situ,” ungkap Moeldoko.

Ia juga mengatakan, pemerintah juga telah mengambil berbagai kebijakan demi meningkat penjualan kendaraan listrik di Tanah Air. Misalnya, diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) No 79 Tahun 2023 yang telah merevisi Perpres No.55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Listrik, serta aturan lain guna mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Sementara itu, pihak produsen juga turut merasakan bahwa ekosistem kendaraan listrik semakin positif. Hal ini pun berdampak terhadap penjualan produk yang mengalami peningkatan.

“Kalau (mobil listrik) Seres E1 ini tiap bulan kita mengirimkan ke dealer. Namun, untuk retail karena kita masih baru launching di GIIAS kemarin, jadi memang untuk retailnya kita masih dalam tahap penjualan, tapi kalau pesanan, kita sudah mendapatkan pesanan dari dealer ratusan,” jelas Head of Sales & Marketing Management Division PT Sokonindo Automobile, Doni Putra Okten, saat ditemui di pameran PEVS 2024. (ym)

Labels: Otomotif

Thanks for reading Pemerintah Targetkan 50 Ribu Mobil Listrik Terjual pada 2024. Please share...!

Back To Top