BUMN RI dan China Kerja Sama Pengelolaan Air dan EBT

Indra Karya dan BUMN China bekerja sama pengelolaan sumber daya air dan energi baru terbarukan (EBT)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Dalam rangka memperkuat pengelolaan sumber data air dan energi di Indonesia, PT Indra Karya melaksanakan komitmen yang sejalan dengan tema 10th World Water Forum 2024 "Water for Shared Prosperity". Artinya, BUMN ini siap memberikan kontribusi signifikan menjaga kelestarian sumber daya air. Komitmen ini disimbolkan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Global Consulting, BUMN asal China pada perhelatan ke-10 World Water Forum Bali di China Pavilion-Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), belum lama ini.

“MoU ini merupakan bentuk kerja sama antar-BUMN lintas negara yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya air dan energi baru terbarukan untuk mencapai keberlanjutan air di Indonesia,” ujar Direktur Utama Indra Karya Gok Ari Joso Simamora, Selasa (28/5/2024).

Hal itu, kata dia, selaras dengan poin enam Sustainable Development Goals (SDGs) dan memperkuat poin tujuh SDGs (renewable energi) untuk ketersediaan ketahanan air dan energi baru terbarukan di masa depan.

Dia menjelaskan, air adalah unsur penting dalam kehidupan. Maka dari itu, tugas kita semua untuk melestarikan agar terjaga ketersediaan air dan energi baru terbarukan di masa depan secara berkelanjutan. Hal ini juga termasuk ke dalam poin enam dan tujuh SDGs. “Setelah penandatanganan MoU ini, kami harap tercipta kolaborasi yang kuat antarperusahaan dalam mengembangkan solusi inovatif dan berkelanjutan untuk pengelolaan sumber daya air dan energi baru terbarukan di Indonesia dan regional,” kata dia.

Caranya, kata dia, dengan memperkuat sumber daya serta teknologi yang mendorong pola bisnis kuat serta memperhatikan aspek-aspek keberlanjutan dan saling menguntungkan bagi semua pihak. Penandatanganan MoU disaksikan langsung oleh tiga dari tiga negara, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Minister of Water Resource China Li Guoying serta President of the World Water Council Loïc Fauchon.

Indra Karya juga menandatangani tiga MoU dengan beberapa perusahaan milik negara lintas negara, yakni Yellow River Engineering Consulting Co Ltd China, Changjiang Institute of Survey, Planning, Design and Research (CISPDR). Selanjutnya, perusahaan ini meneken tripartid bersama Perum Jasa Tirta I dan CISPDR Corporation China. Kemudian, Indra Karya juga melaksanakan penandatanganan MoU bersama CISPDR Corporation China dan Shinotech Co.,Ltd. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Gok Ari Joso Simamora bersama Chairman Yellow River Engineering Consulting Co Ltd An Xindai, perihal pekerjaan aplikasi konservasi air digital twin.

Direktur Utama Indra Karya bersama Direktur Operasi Perum Jasa Tirta I Milfan Rantawi dan Chairman of the Board CISPDR Xiangyang Hu meneken kerja sama berbagai proyek yang bertujuan untuk mengembangkan pengelolaan sumber daya air dan energi baru terbarukan, dengan tokus khusus pada teknologi pumped storage. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading BUMN RI dan China Kerja Sama Pengelolaan Air dan EBT. Please share...!

Back To Top