Bidik Pasar Mobil Listrik Indonesia, GAC Aion Bakal Bangun Pabrik di Cikampek

Peluncuran AION Y Plus di Jakarta pada Rabu (19/6/2024)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pasar otomotif di Indonesia masih terbilang besar dan menjanjikan. Hal ini menjadi salah satu alasan GAC Aion tertarik mengembangkan bisnis di Indonesia dengan meluncurkan produk perdananya, Aion Y Plus. Mobil listrik yang ditawarkan ini bertipe family Sport Utility Vehicle (SUV). Karena itu, Aion Indonesia meluncurkan AION Y Plus sebagai produk perdananya untuk pasar Indonesia pada Rabu (19/6/2024) di Jakarta. AION Y Plus merupakan mobil listrik dengan model family SUV.

President GAC AION South East Asia, Ocean Ma mengatakan, sebagai pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, GAC Aion melihat Indonesia sebagai mitra strategis dalam memenuhi tujuan ekspansi bisnis GAC Aion di luar china. Sebagai bentuk komitmen kepada masyarakat Indonesia, Aion Indonesia berkontribusi dalam menyediakan pilihan transportasi rendah emisi dan ramah lingkungan melalui peluncuran Aion Y Plus. "Kami juga berkomitmen untuk membawa produk energi baru kelas dunia kepada konsumen global dan bersama memulai gaya hidup dengan kendaraan energi baru yang cerdas," jelas Ocean Ma.

Keseriusan AION memperluas pasar ke Indonesia ditandai dengan adanya rencana akan membuat basis inti perakitan mobil GAC Aion di Indonesia.

"Kami berharap dapat menjadikan Indonesia sebagai basis inti GAC AION di Asia Tenggara dengan strategi rooting in Indonesia, radiating ASEAn, and exporting globally, melalui joint venture dengan Indomobil Group," tukas COO AION Indonesia Louis Liu.

GAC Aion telah menyiapkan pabrik perakitan di Cikampek, Jawa barat dan rencananya akan mulai beroperasi pada kuartal keempat tahun 2024. CEO Aion Indonesia Andry Ciu mengatakan, pabrik perakitan tersebut dibangun dari nol dan harapannya pabrik tersebut dapat memenuhi permintaan konsumen dalam dan luar negeri. Andry juga mengatakan nilai investasi yang digelontorkan pun untuk pabrik ini cukup besar. "Pabrik akan dibangun bertahap dan awalnya kita bangun untuk kapasitas 50 ribu unit per tahun dan akan berkembang lagi sesuai pertumbuhan market share nanti," papar Andry.

Pada peluncurannya Aion Y Plus terbagi dua varian yaitu Exclusive dan Premium. Untuk harga jenis Exclusive ditetapkan pada Rp 415 juta dan Rp 475 juta untuk varian Premium. Dan mobil listrik milik Aion ini mulai dapat didistribusikan kepada pembeli pada bulan Juli-Agustus 2024. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Bidik Pasar Mobil Listrik Indonesia, GAC Aion Bakal Bangun Pabrik di Cikampek. Please share...!

Back To Top