Gandeng Privy, Kadin Sosialisasikan Perlindungan Konsumen melalui Identitas Digital

Kadin dan Privy menggelar diskusi perlindungan konsumen melalui identitas digital


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerja sama dengan Privy, penyedia layanan identitas dan tanda tangan digital tersertifikasi, menyelenggarakan diskusi panel bertajuk "Perlindungan Konsumen 4.0: Implementasi Identitas Digital untuk Meningkatkan Keamanan Konsumen dalam Ekosistem Digital". Kegiatan yang merupakan bagian dari program kerja Badan Ekonomi & Financial Technology (Benefit) Kadin Indonesia ini berlangsung di Mandarin Oriental Jakarta dan dihadiri oleh ratusan perwakilan anggota dan pengurus Kadin.

Kepala Benefit Kadin Indonesia Pandu Sjahrir menegaskan, identitas digital merupakan komponen kritikal dalam transaksi digital. Keamanan dan kenyamanan konsumen layanan digital sangat bergantung pada penggunaan identitas digital secara baik dan benar. “Kadin Indonesia sangat menyadari pentingnya pemahaman dan penggunaan identitas digital secara baik dan benar dalam mengoptimalkan pertumbuhan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Oleh sebab itu, kami berkomitmen untuk mendukung sosialisasi identitas digital serta strategi praktis penerapannya bagi dunia usaha,” kata Pandu, Senin (3/6/2024).

CEO Privy sekaligus Wakil Kepala Benefit Kadin Indonesia Marshall Pribadi dalam sesi panel diskusi menegaskan, kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil sangat penting dalam memastikan keberhasilan implementasi identitas digital. Sebagai penyedia layanan digital trust yang meliputi identitas digital, tanda tangan elektronik tersertifikasi dan layanan pengiriman elektronik tercatat, Privy berkomitmen mendukung terciptanya lingkungan digital yang aman dan terpercaya bagi semua pengguna.

Dia menegaskan, Privy menyediakan layanan identitas digital, tanda tangan digital tersertifikasi, dan layanan pengiriman elektronik tercatat (electronic registered delivery services) yang berbasis pada penerbitan sertifikat elektronik yang berinduk ke Kominfo. Untuk menjamin keabsahan identitas digital Privy, dia menyatakan, identitas setiap pengguna telah diverifikasi berdasarkan data kependudukan hingga biometrik wajah ke Ditjen Dukcapil Kemendagri saat pertama kali mendaftar. Sampai saat ini, Privy telah memverifikasi 47 juta lebih pengguna individu, digunakan oleh 3.300 lebih perusahaan, dan 123 juta lebih dokumen telah ditandatangani secara digital menggunakan Privy.

Di sisi lain, seminar itu dibuka dengan keynote speech Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Deputi Bidang Keamanan dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN Agung Nugraha dan Pandu Sjahrir. Acara dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan Marshall Pribadi, Ketua Tim Tata Kelola Sertifikasi Elektronik Kemenkominfo Martha Asima Bunga Sari Simbolon, Kepala Seksi Pengelolaan Sertifikasi Elektronik BSSN Agung Nugraha, dan Head of AML and ABC PT Prudential Life Assurance Dana Agriawan. Acara ini ditutup dengan demo Digital ID oleh Arief Faltah, vice president of engineering Privy, yang menunjukkan bagaimana teknologi identitas digital dapat diterapkan secara praktis untuk meningkatkan keamanan konsumen. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Gandeng Privy, Kadin Sosialisasikan Perlindungan Konsumen melalui Identitas Digital. Please share...!

Back To Top