Pemprov Kalbar Percepat Pengadaan Digital

Pemprov Kalbar inisiator acara temu bisnis UMKM dan OPD untuk percepatan secara digital pengadaan pemerintah


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) menunjukkan komitmennya dalam percepatan pengadaan  digital dengan melibatkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya. Hal ini direalisasikan salah satunya dalam kegiatan Temu Bisnis antara Penyedia UMKM dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Garuda, Komplek Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak pada 13 Mei 2024.

Sejak Januari 2022, Pemprov Kalbar telah menginisiasi percepatan pengadaan digital  sesuai dengan program e-purchasing Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP RI), yaitu melalui pemanfaatan marketplace yang tergabung sebagai mitra resmi Toko Daring LKPP. Program ini bertujuan untuk mendorong pengadaan barang/jasa yang lebih transparan, akuntabel, efektif, dan efisien. Hingga kini, lebih dari 2.000 pelaku UMKM di provinsi tersebut telah bergabung sebagai penyedia di marketplace mitra resmi Toko Daring LKPP. Namun, masih banyak UMKM yang belum berpartisipasi. Hal inilah yang menjadi alasan atas diselenggarakannya kegiatan Temu Bisnis antara Penyedia dan OPD tersebut.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalbar Dr Ignasius IK, SH, MSi, mengatakan, sejak awal, pihaknya terus mendorong semua OPD di lingkungan Pemprov Kalbar untuk pengadaan secara digital. Surat imbauan untuk pemanfaatan Toko Daring sebagai bagian dari proses pengadaan digital barang dan jasa pemerintah juga sudah diterbitkan. “Kami yakin, keberadaan Toko Daring yang menjadi solusi di era digitalisasi dalam pengadaan pemerintah sebagai upaya untuk mendorong integritas para pelaku, khususnya bagi UMKM dan OPD yang terlibat dalam proses ini,” ujar Dr Ignasius, Senin (10/6/2024).

Hingga 31 Desember 2023, transaksi pengadaan digital barang/jasa di Provinsi Kalbar melalui platform Mbizmarket pun telah mencapai lebih dari Rp 290 miliar yang berasal dari 63.254 pesanan dan dilakukan 1.146 OPD. Saat ini, lebih dari 2.063 penyedia telah terdaftar di platform Mbizmarket, dan sekitar 1.000 berpartisipasi aktif untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa Pemprov Kalbar.

“Pemprov Kalbar sangat mengapresiasi Mbizmarket sebagai salah satu mitra resmi Toko Daring LKPP RI yang mendukung transformasi pengadaan digital di Kalimantan Barat. Kami memulai transaksi perdana di Mbizmarket pada Januari 2022 dan terus berlanjut hingga saat ini,” ungkap Kepala Bagian Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Kalbar Prasetyo Tri Sejati, SSTP, MM.  

Dukungan Mbizmarket

Sementara itu, dalam kegiatan Temu Bisnis para pelaku UMKM dengan OPD di Provinsi Kalbar tersebut, fitur terbaru Mbizmarket, yakni MbizTravel juga diperkenalkan. Kegiatan ini pun diadakan untuk sosialisasi fitur MbizTravel di Provinsi Kalbar, yang merupakan satu-satunya marketplace tergabung dalam mitra resmi Toko Daring LKPP. Sebagai layanan baru, MbizTravel mempunyai layanan untuk mengatur surat perintah perjalanan dinas (SPPD) yang lebih transparan, akuntabel, efektif dan efisien, serta terhubung dengan banyak travel agent lokal di daerah.

“Kami mengapresiasi atas kesempatan serta kepercayaan yang diberikan oleh Pemprov Kalbar dalam mendukung transformasi pengadaan digital barang/jasa kebutuhan melalui platform Mbizmarket,” ungkap CCO and COO Mbizmarket Andhie Saad.

Mbizmarket pun mengajak kepada seluruh OPD di Provinsi Kalbar untuk beralih ke travel lokal dalam upaya mendukung pelaku usaha travel agent lokal. Perusahaan memberikan akses 24 jam dan tujuh hari dalam sepekan bagi OPD Provinsi Kalbar ke online travel agent (OTA) lokal yang telah bergabung ke satu-satunya ekosistem marketplace travel agent di Indonesia. “Keistimewaannya punya termin pembayaran yang fleksibel, dapat dilakukan secara online dan menerima pembayaran dengan Kartu Kredit Indonesia (KKI) QRIS, dan dengan nilai transaksi hingga Rp 10 juta sekali pembelian. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyederhanakan perencanaan perjalanan dinas dan mendukung bisnis travel agent lokal di Provinsi Kalbar Barat,” tutur Andhie. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pemprov Kalbar Percepat Pengadaan Digital. Please share...!

Back To Top