Pabrik Baru Frisian Flag Resmi Beroperasi, Produksi 700 Juta Kg Susu per Tahun

Frisian Flag Indonesia resmikan pabrik terbarunya di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (2/7/2024)


CIKARANG (IndonesiaTerkini.com)- Frisian Flag Indonesia meresmikan pabrik terbarunya di Cikarang, Jawa Barat, pada Selasa (2/7/2024). Pabrik susu baru tersebut akan memproduksi 400.000 kilogram (kg) susu segar setiap hari untuk menghasilkan 700 juta kg produk susu setiap tahunnya, dengan menggunakan teknologi modern yang ramah lingkungan untuk memenuhi tujuan keberlanjutan perusahaan.

CEO Royal FrieslandCampina NV Jan Derck van Karnebeek mengatakan, diresmikannya pabrik susu baru Frisian Flag di Cikarang ini merupakan wujud komitmen FrieslandCampina dalam berinvestasi di Indonesia. Terlebih, kehadiran Frisian Flag di Indonesia telah lebih dari 100 tahun. "Pabrik susu baru FrieslandCampina di Cikarang adalah dedikasi kami untuk berinvestasi di sektor susu di Indonesia. Sebagai investasi produksi global terbesar kami hingga saat ini, fasilitas ini akan berfungsi sebagai pusat penghubung untuk Asia Tenggara,” ungkapnya, Selasa (2/7/2024).

Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia Berend van Wel menambahkan, pabrik tersebut memiliki potensi untuk memproduksi hingga 1 miliar kg produk susu setiap tahunnya. Investasi sebesar Rp 3,8 triliun untuk pabrik baru ini merupakan investasi terbesar perusahaan induk FrieslandCampina di seluruh dunia. Pabrik ini juga diperuntukan memenuhi pertumbuhan permintaan produk susu yang meningkat setiap tahunnya, sejalan dengan berkembangnya gaya hidup sehat. “Untuk itu, sebagian besar produksi di pabrik ini diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sedangkan sebagian kecil untuk pasar ekspor ke Asia Tenggara, seperti Malaysia, Vietnam dan Filipina,” tambahnya. 

Selain itu, lanjutnya, Peresmian pabrik di Cikarang ini menandai momentum penting bagi FrieslandCampina dan Frisian Flag Indonesia, yang memungkinkan pihaknya untuk memainkan peran yang lebih besar dalam mendukung kemajuan Indonesia. Dengan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan dan inovasi, pihaknya berdedikasi untuk memproduksi produk susu yang bergizi bagi keluarga Indonesia sambil meminimalkan jejak ekologi sebanyak mungkin, berkontribusi positif bagi masyarakat dan planet ini.

Pengurangan Emisi GRK

Sementara itu, Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia Andrew F Saputro mengatakan, pabrik susu baru di Cikarang dibangun selaras dengan rencana iklim  FrieslandCampina, yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 63% dari 2015 hingga 2030 melalui pengurangan konsumsi energi dan penggunaan sumber daya terbarukan. Perusahaan telah memulai upaya pelestarian lingkungan dengan menerapkan inovasi ramah lingkungan di seluruh rantai produksinya. “Inovasi-inovasi tersebut antara lain boiler biomassa untuk pembangkit listrik tenaga uap, fasilitas daur ulang air limbah untuk pengelolaan air, dan sistem atap panel surya,” paparnya,

Tidak hanya itu, lanjut dia, Pabrik Cikarang menargetkan untuk mengurangi emisi CO2/gas rumah kaca sebesar 45%, menghemat konsumsi listrik sebesar 22% dan konsumsi air sebesar 25%. Inisiatif ramah lingkungan lainnya adalah penggunaan lebih dari 55 ribu palet ramah lingkungan yang diimplementasikan di Pusat Distribusi Utama dan Gudang Bahan Baku di pabrik baru ini. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pabrik Baru Frisian Flag Resmi Beroperasi, Produksi 700 Juta Kg Susu per Tahun. Please share...!

Back To Top