AMD XConnect Berkolaborasi dengan Intel dan Razer, Merevolusi GPUEksternal Untuk Notebook



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- AMD mengumumkan teknologi XConnect yang memberikan kemudahan untuk menggabungkan kartu grafis eksternal Radeon dengan notebook atau perangkat 2-in-1 yang kompatibel melalui Thunderbolt 3

Teknologi tersebut merupakan terobosan dari sebuah fitur baru milik Radeon Software Crimson Edition 16.2.2.

Secara tradisional, gamer PC tengah dihadapkan dengan masalah dalam memilih antara notebook gaming yang mengorbankan portabilitas untuk kinerja gaming atau ultrathin notebook yang mengorbankan kinerja gaming untuk portabilitas.

Sebuah notebook ringan atau perangkat 2-in-1 dengan dukungan koneksitas Thunderbolt 3 yang kompatibel dengan teknologi XConnect  mampu membawa kemampuan terbaik dari keduanya. Notebook dapat tetap ringan dan nyaman, tetapi saat dibutuhkan, dapat mudah menghasilkan frame rate yang tinggi dan kualitas gambar dari notebook gaming dengan memanfaatkan GPU eksternal yang powerful. Koneksitas antara enclosure GPU eksternal yang dikonfigurasi dengan seri grafis Radeon R9 300 dapat dimungkinkan melalui Intel Thunderbolt  3 dan dapat dipasang atau dilepas setiap saat. Ini merupakan yang pertama bagi GPU eksternal.

“Teknologi XConnect menunjukkan komitmen Radeon Technologies Group untuk para gamer. Dengan diperkenalkannya solusi GPU eksternal yang user-friendly dengan mekanisme plug-and-play, gamer tidak perlu lagi mengorbankan portabilitas untuk kinerja yang kuat di notebook gaming. Kami berharap untuk menciptakan ekosistem yang berkembang dari notebook yang dilengkapi teknologi XConnect bekerja sama dengan para produsen terkemuka,” kata Raja Koduri, Senior Vice President dan Chief Architect, Radeon Technologies Group AMD, dalam rilis yang diterima pada Senin (14/3/2016).

Untuk itu AMD berkolaborasi dengan Intel Thunderbolt group dan Razer. Razer Blade Stealth, merek notebook ultrathin baru yang kompatibel dengan teknologi XConnect dan Razer Core, yang merupakan enclosure GPU eksternal yang terhubung ke notebook Razer blade Stealth melalui Thunderbolt 3.

Dengan Razer Core yang dilengkapi seri Radeon R9 300 GPU, gamer dapat merasakan pengalaman layaknya kinerja desktop gaming dalam solusi plug-and-play nyaman pada Stealth saat menjalankan driver XConnect yang kompatibel. Konfigurasi Razer Core dengan seri GPU Radeon R9 300 bahkan memungkinkan gamer untuk bermain di layar IGZO resolusi tinggi milik Blade Stealth atau terhubung ke eksternal AMD FreeSync yang memungkinkan monitor memberikan pengalaman gaming yang halus.

“Razer blade Stealth dikembangkan sebagai ultimate Ultrabook untuk bekerja on-the-go serta mampu bertransformasi menjadi lingkungan desktop gaming ketika terhubung ke Razer Core. Ini berkat kontribusi yang luar biasa dari AMD,” kata Min-Liang Tan , CEO dan cofounder Razer.

“Kolaborasi dan pengembangan antara Razer dan AMD untuk pengguna seri grafis Radeon R9 300 di Razer Core membantu kami mewujudkan Thunderbolt 3 pertama di dunia dengan mekanisme plug-and-play sebagai solusi grafis eksternal. Koneksi tunggal Thunderbolt 3 menyediakan daya sekaligus data antara Blade Stealth dan Razer Core, serta peripheral lainnya dapat terhubung ke port USB Razer Core untuk memberikan pengalaman layaknya desktop gaming,” imbuhnya.

Jason Ziller, Director of Thunderbolt Marketing Intel, menambahkan Thunderbolt 3 membawa Thunderbolt ke USB-C dengan kecepatan hingga 40GB, menciptakan satu port compact yang dapat melakukan semua hal.

“Berkat kerja sama teknis dengan kelompok Radeon Teknologi di AMD, kartu grafis desktop Radeon sudah divalidasi untuk digunakan dengan Thunderbolt 3. Teknologi baru XConnect menghadirkan dukungan plug-and-play yang mudah serta antarmuka manajemen yang nyaman untuk notebook dan 2 -in-1 dengan solusi eksternal grafis Thunderbolt 3 dikonfigurasikan dengan seri GPU Radeon R9 300 yang powerful,” ujarnya.

AMD berencana memperluas daftar GPU Radeon yang dapat mendukung teknologi XConnect yang memungkinkan gamer untuk meng-upgrade enclosure mereka melebihi Radeon R9 300 Series. (dri)
Labels: #AMD XConnect, #GPU eksternal, #intel dan razer, #notebook, IPTEK

Thanks for reading AMD XConnect Berkolaborasi dengan Intel dan Razer, Merevolusi GPUEksternal Untuk Notebook. Please share...!

Back To Top