SAP - ASEAN Foundation Tantang Mahasiswa Se-ASEAN Kembangkan Gagasan di Kompetisi ASEAN Data Science Explorers 2018

Pemenang ASEAN Data Science Explorers (ADSE) 2017

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- ASEAN Foundation dan perusahaan software enterprise SAP SE (NYSE: SAP) hari ini mengumumkan penyelenggaraan ASEAN Data Science Explorers 2018. Program tersebut, yang kini diselenggarakan kedua kalinya, bertujuan untuk menginspirasi dan menjadi wadah aktivitas generasi muda ASEAN. Program ini menargetkan mahasiswa di 10 negara anggota ASEAN untuk memanfaatkan kekuatan data, mendapatkan wawasan dengan menggunakan SAP Analytics Cloud dan menyumbangkan gagasan kepada lembaga-lembaga ASEAN terkait.

Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017, ASEAN Data Science Explorers (ADSE) adalah kompetisi data analytics yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap komunitas ASEAN di antara generasi muda melalui intervensi literasi digital. Dengan menggunakan platform SAP Analytics Cloud, inisiatif tersebut akan membantu para peserta untuk menyampaikan wawasan berbasis data yang menyoroti isu-isu di ASEAN mengenai enam tujuan perkembangan berkelanjutan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni:

  1. Kesehatan dan kesejahteraan yang baik, 
  2. Kualitas pendidikan, 
  3. Kesetaraan gender, 
  4. Industri, inovasi, dan infrastruktur, 
  5. Lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi yang baik, dan 
  6. Komunitas serta kota yang berkelanjutan.

Program ini akan berlangsung mulai bulan Maret hingga bulan Oktober 2018, dimulai dengan serangkaian sesi pemberdayaan yang diselenggarakan untuk mahasiswa dan dosen di universitas lokal di seluruh 10 negara anggota ASEAN. Setelah itu, para siswa diundang untuk membentuk tim yang terdiri dari dua orang untuk mendaftarkan diri berkompetisi dan menyerahkan ide-ide mereka. Satu tim peserta dari masing-masing negara anggota akan memiliki kesempatan untuk dinobatkan sebagai finalis nasional lalu maju untuk berkompetisi dalam putaran final regional. Pada final regional, 10 finalis nasional akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan gagasan mereka kepada dewan juri yang terdiri dari perwakilan terhormat dari ASEAN Foundation, SAP dan berbagai organisasi pemerintah atau LSM.

Mengingat kepemimpinan Singapura di ASEAN pada tahun 2018, babak final regional Data Science Explorers 2018 akan diadakan di Singapura, dengan Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapura sebagai host partner. Babak final regional ini juga akan diadakan bersamaan dengan final Asosiasi Tenis Wanita (WTA), dimana 10 finalis nasional juga akan mendapatkan hak istimewa untuk menonton babak final WTA yang berlangsung di Singapura. (red/dri)


Labels: IPTEK

Thanks for reading SAP - ASEAN Foundation Tantang Mahasiswa Se-ASEAN Kembangkan Gagasan di Kompetisi ASEAN Data Science Explorers 2018. Please share...!

Back To Top